Rangkuman Berita Internasional 5 Januari 2021

Rangkuman Berita Internasional 5 Januari 2021

Thailand : Mempertimbangkan Lockdown

Di lansir dari The Guardian | Pemerintah Thailand sedang memperdebatkan apakah akan memberlakukan lockdown. Perdana Menteri telah meminta masyarakat Thailand untuk mematuhi karantina mandiri dengan tetap tinggal di rumah, sementara bisnis swasta telah di minta untuk mempromosikan bekerja dari rumah.

Thailand mencatat 527 kasus baru pada hari Selasa, semuanya kecuali enam di antaranya penularan lokal. Total kasus di negara itu tercatat 8.966. Tidak ada kematian baru yang di laporkan, sehingga jumlah korban tewas mencapai 65 orang.

Republik Afrika Tengah : Touadera Memenangkan Pemilihan Presiden Kembali

Republik Afrika Tengah terkenal sebagai penghasil emas dan berlian dan memiliki populasi 4,7 juta. Kini Faustin-Archange Touadera terpilih kembali sebagai presiden Republik Afrika Tengah dengan lebih dari 53% suara, menurut hasil sementara yang di rilis hari Senin. Namun masih harus di sahkan secara resmi oleh Mahkamah Konstitusi yang akan memproses kasasi.

Advertisements

Pemilu 27 Desember di warnai dengan kekerasan, ketika kelompok pemberontak berusaha menguasai kota Bangassou sebelum hasil di umumkan. Republik Afrika Tengah telah mengalami gelombang kekerasan sejak penggulingan Bozize pada 2013, yang mengakibatkan ribuan orang terbunuh dan lebih dari satu juta orang terpaksa mengungsi dari rumah mereka. Pencalonan kembali Bozize di tolak oleh pengadilan tinggi negara itu dengan alasan bahwa dia tidak memenuhi persyaratan “moralitas yang baik”.

“Pemimpin asosiasi penjahat ini adalah mantan Presiden Francois Bozize yang di dukung oleh sekutu politiknya. Serangan itu di tujukan untuk menggulingkan institusi Republik dan mengakhiri proses demokrasi dan akhirnya untuk membangun transisi pertama”. Kata Touadera, menurut Associated Press.

Inggris : Lockdown Nasional Sampai Pertengahan Februari

Di lansir dari New York Times | Perdana Menteri Boris Johnson resmi melakukan Lockdown sampai pertengahan Februari. Saat ini Inggris berlomba antara penyebaran Virus Covid-19 dengan00 memvaksinasi populasinya berisiko.

BACA JUGA  Rangkuman Berita Internasional 9 Januari 2021

Sekolah dan perguruan tinggi di Inggris akan beralih ke pembelajaran jarak jauh. Johnson mengimbau warga Inggris untuk tinggal di rumah kecuali untuk pekerjaan penting, membeli makanan dan obat-obatan.

Varian virus baru yang sangat mudah menular telah terjadi di London dan tenggara Inggris, mendorong lonjakan jumlah kasus yang mengkhawatirkan, mendekati 60.000 per hari, dan membuat rumah sakit berada di bawah tekanan akut.

Skotlandia : Lockdown Nasional Sampai Akhir Januari

Di lansir dari New York Times | Perdana Menteri Skotlandia, Nicola Sturgeon, mengumumkan Lockdown Kembali pada hari Senin yang akan berlangsung hingga setidaknya akhir Januari. Dia mengatakan aturan baru itu mirip Lockdown yang dilakukan pada Maret 2020. Lockdown di perlukan untuk menahan virus saat distribusi vaksin sedang berlangsung.

Orang-orang telah di perintahkan untuk tinggal di rumah mulai tengah malam kecuali untuk alasan yang esensial. Sebagian besar siswa akan pindah ke pembelajaran jarak jauh hingga Februari. Mulai Jumat, rumah ibadah akan ditutup, kecuali untuk pernikahan, upacara kemitraan sipil, dan pemakaman.

Varian baru virus corona menyumbang hampir setengah dari infeksi baru di Skotlandia, kata Sturgeon di Parlemen. Ia menambahkan bahwa negara itu mencatat 1.905 kasus baru pada hari Senin.

“Tidaklah berlebihan untuk mengatakan bahwa saya lebih prihatin tentang situasi yang kita hadapi sekarang daripada yang pernah saya alami sejak Maret tahun lalu,” kata Sturgeon.

Iran : Iran menyita kapal tanker minyak berbendera Korea Selatan

Di lansir dari DW News | Iran menangkap Hankuk Chemi, sebuah kapal tanker yang membawa etanol, di Selat Hormuz ketika sedang dalam perjalanan. Kapal itu bertolak dari Arab Saudi ke Uni Emirat Arab, Outlet Media Iran melaporkan Senin.

Kementerian Luar Negeri Korea Selatan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya “menuntut pembebasan kapal tersebut.” Ia tidak segera mengomentari tuduhan Iran bahwa kapal tanker itu telah menyebabkan “polusi minyak” di perairan Teluk.

BACA JUGA  Tiket Wonder Woman 1984 Sudah Dapat Dibeli! Penasaran Filmnya?

Iran telah menuntut agar bank-bank Korea Selatan mengeluarkan dana $ 7 miliar (€ 5,7 miliar) yang dibekukan karena sanksi AS yang diberlakukan kembali terhadap Iran pada 2018 setelah Presiden Donald Trump menarik diri dari kesepakatan multinasional 2015 untuk menahan ambisi nuklir Iran.

Kantor berita semi-resmi Tasnim Iran mengatakan awak kapal tanker itu, termasuk warga negara dari Korea Selatan, Indonesia, Vietnam dan Myanmar ditahan di Bandar Abbas. Penyitaan kapal itu bertepatan dengan pengumuman Iran bahwa mereka telah mulai memperkaya uranium hingga 20% di fasilitas bawah tanah Fordo – kekurangan bahan setingkat senjata.

Arab Saudi : Arab Saudi Membuka Perbatasan Daratnya Dengan Qatar dan Kuwait 

Di lansir dari Al-Jazeera | Arab Saudi telah membuka kembali perbatasan daratnya dengan Qatar. Menteri luar negeri Kuwait mengatakan wilayah udara dan perbatasan laut kerajaan juga akan di buka. Hal itu di lakukan sebelum KTT Dewan Kerjasama Teluk (GCC) yang akan berlangsung di provinsi Al-Ula Saudi pada hari Selasa.

Sebelumnya Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir memberlakukan boikot diplomatik, perdagangan dan perjalanan di Qatar pada Juni 2017, menuduh Doha mendukung “terorisme” dan memiliki hubungan dengan Iran yang di anggap terlalu dekat.

Qatar telah berulang kali membantah tuduhan tersebut dan mengatakan “tidak ada pembenaran yang sah” untuk pemutusan hubungan. Pada hari Senin, Putra Mahkota Arab Saudi dan penguasa de facto Mohammed bin Salman mengatakan KTT GCC akan “inklusif”. Memimpin negara-negara menuju “reunifikasi dan solidaritas dalam menghadapi tantangan di wilayah kami”.

Nayef Mubarak Al-Hajraf, sekretaris jenderal GCC yang beranggotakan enam orang, juga menyambut baik langkah tersebut. “Langkah, yang di lakukan menjelang KTT GCC ke-41 di Arab Saudi pada hari Selasa. Mencerminkan minat besar dan upaya tulus yang di lakukan untuk memastikan keberhasilan KTT. Yang di adakan dalam keadaan luar biasa,” kata Al-Hajraf.

BACA JUGA  Taiwan : Editorial Khusus Gemelut Konflik Taiwan Dengan China

Turki juga “menyambut” keputusan tersebut, kementerian luar negerinya mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa itu adalah “langkah penting untuk menyelesaikan perselisihan”.

Brazil : Brazil Berjuang Mendapatkan Vaksin Covid-19 Dari India

Di lansir dari al-Jazera | Brasil membuat dorongan diplomatik pada hari Senin untuk menjamin pengiriman vaksin COVID-19 buatan India. Vaksin tersebut di produksi oleh perusahaan vaksin Inggris AstraZeneca. Brazil berharap untuk menghindari pembatasan ekspor yang dapat menunda imunisasi selama pandemi.

Perebutan oleh pemerintah Brasil dan sektor swasta menjadi masalah terbesar keterbelakangan negara ini. Di tengah meningkatnya kritik atas respon yang lambat, Brasil sekarang bergegas untuk mengimpor dosis vaksin

Korea Selatan : Korea Selatan Mengalami Krisis Populasi

Di Lansir dari CNNKorea Selatan mencatat lebih banyak kematian daripada kelahiran pada tahun 2020 untuk pertama kalinya. Selama bertahun-tahun, Korea Selatan telah berjuang dengan krisis demografis. Populasi Korea Selatan yang terus bertambah, mengirimkan negara itu ke dalam penurunan demografis.

Tetapi data sensus tahun lalu, yang dirilis oleh Kementerian Dalam Negeri dan Keselamatan pada hari Senin, tampak lebih mengkhawatirkan. Hanya ada 275.815 kelahiran, rekor terendah – dibandingkan dengan 307.764 kematian, peningkatan 3,1% dalam kematian dari tahun sebelumnya. Populasi terus menua dengan cepat, sensus menunjukkan: 32,7% orang berusia 40-an dan 50-an, dan hampir seperempatnya berusia di atas 60 tahun.

“Penurunan angka kelahiran yang konstan menunjukkan bahwa angka kelahiran yang rendah tetap menjadi masalah besar di Korea,” kata rilis tersebut. “Perlu ada perubahan mendasar dalam kebijakan pemerintah seperti kesejahteraan, pendidikan, dan pertahanan negara.”

KATEGORI
TAGS
Share This

KOMENTAR

Wordpress (0)