Tengok Imutnya Macan Tutul Gunung Semeru

Tengok Imutnya Macan Tutul Gunung Semeru

Advertisements

Tengok Imutnya Macan Tutul: Erupsi Gunung Semeru bukan hanya membuat kita khawatir akan keselamatan masyarakat sekitar, tetapi juga satwa liat yang berada di sekitar Gunung Semeru. Pasalnya karena daerah Gunung Semeru, Gunggung Tengger dan Gunung Semeru terdapat Cagar Alam yang memuat banyak kekayaan Flora dan Fauna.

Macan Tutul

Salah satu satwa eksotis yang hadir di daerah Cagar Alam tersebut adalah Macan Tutul. Pada mulanya, orang berpikiran bahwa macan tutul adalah hibrida dari singa dan harimau, sehingga muncul nama “leopard” di kalangan peneliti Eropa awal.

Tengok Imutnya Macan Tutul

Sumber Gambar: Wikipedia

Advertisements

Keberadaan Macan Tutul di Hutan Marapi (Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) masih menjadi misteri. Walau sudah di anggap punah, tapi pada tahun 2015, petugas Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) secara tidak sengaja melihat langsung satwa ini di kawasan hutan Merapi.

Tengok Imutnya Macan Tutul

Macan Tutul Terkena Kamera Otomatis (Sumber : Perhutani)

Tengok Imutnya Macan Tutul: Macan tutul jawa, Panthera pardus melas, adalah kucing besar terakhir yang ada di pulau Jawa setelah harimau jawa dinyatakan punah pada tahun 1980an.

Macan Tutul Terkena Kamera Otomatis (Sumber : Perhutani)

Macan tutul merupakan satwa yang dilindungi undang-undang dan secara global digolongkan ke dalam kelompok yang kritis punah (Critically Endangered) dalam daftar merah IUCN, satu tingkat menuju kepunahan.

Macan Tutul Terkena Kamera Otomatis (Sumber : Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem)

Walau satwa ini adalah satwa yang hadir di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tetapi satwa ini juga hadir di Taman Nasional Baluran.

BACA JUGA  KSPI Meramal Lonjakan PHK Pada 2021
Advertisements

KATEGORI
TAGS
Share This

KOMENTAR

Wordpress (0)