Tentang Kami

android-chrome-512x512

 

Introduksi

REAKSI.ID adalah media online dari dan untuk Milenial dan Generasi Z. Disini kami akan membahas isu-isu di masyarakat dalam perspektif Milenial dan Generasi Z menggunakan media-media kreatif seperti video dan infografik.

Motto

Perspektif Milenial dan Generasi Z

Sejarah Berdiri

  • Reaksi.ID didirikan pada awal bulan Januari 2019 oleh Ridho Muhammad dan Syahreza Pahlevi, yang pada saat itu memiliki keinginan untuk membuat media digital yang dapat memberikan perspektif dari generasi milenial terhadap isu-isu di masyarakat. Selain itu, keberimbangan informasi terhadap berita-berita HOAX juga menjadi salah satu alasan terkuat dalam mendirikan media digital ini. Dengan harapan dapat memberikan informasi pembanding bagi masyarakat dalam menyikapi isu-isu yang sedang berlangsung.
  • Filosofis nama reaksi sendiri diambil dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), yang dapat dimaknai sebagai suatu tanggapan ataupun respon dari suatu aksi ataupun tindakan-tindakan. Nama ini sesuai dengan kondisi generasi milenial dan generasi z saat ini, yang cenderung reaktif terhadap isu-isu di masyarakat, khususnya isu-isu yang sedang berkembang melalui sosial media. Namun yang membedakan kami adalah reaksi ataupun tanggapan dari Reaksi.ID merupakan reaksi ataupun respon yang telah melalui beberapa kajian dan pendekatan tertentu, sehingga reaksi ataupun respon tersebut dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya (bukan HOAX), serta semua informasi di Reaksi.ID ini dipublikasikan dengan itikad yang baik dan hanya untuk tujuan informasi umum saja.
  • Domain Reaksi.ID di buat pada tanggal 15 Januari 2019, yang merupakan Domain Tingkat Tinggi (DTT) di negara Indonesia. Kami menggunakan domain ini karena target pembaca kami untuk saat ini adalah masyarakat Indonesia, dan membahas isu-isu di Indonesia, serta menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa utama media ini.
  • Kemudian pada tanggal yang sama yaitu 15 Januari 2019, Reaksi.ID berhasil sepenuhnya di luncurkan (online), dan pada tanggal yang sama pula berhasil di publikasikan artikel pertama Reaksi.ID.
  • Setelah berjalan selama beberapa bulan (kurang lebih 3 bulan sejak peluncuran), karena adanya kesibukan-kesibukan di luar Reaksi.ID dari pengurus harian, maka segala aktivitas Reaksi.ID di hentikan untuk sementara (offline).
  • Setelah beberapa bulan lamanya Reaksi.ID di hentikan aktivitasnya, kemudian pada tanggal 24 Desember 2019, Reaksi.ID kembali kami luncurkan (online kembali). Di saat yang sama Reaksi.ID mendapatkan anggota baru, yaitu Aditya Santoso seorang mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Nasional (UNAS) Jakarta.
  • Kemudian di Tahun 2020, masih dengan semangat yang sama untuk memberikan perspektif milenial dan generasi z terhadap isu-isu di masyarakat Indonesia, Reaksi.ID kini telah memiliki banyak media sosial pendukung untuk memudahkan masyarakat dan pembaca kami dalam mendapatkan informasi dan berita terupdate dari Reaksi.ID.

Filosofi & Makna Logo

  • Logo Reaksi.ID merupakan gambaran dari burung Rajawali, yaitu burung yang memiliki penglihatan yang tajam serta akurasi yang tinggi terhadap mangsanya ketika berburu. Rajawali menggambarkan sesuatu yang reaktif namun tetap memiliki perhitungan dan pertimbangan dalam melakukan eksekusinya, sehingga Rajawali dikenal juga sebagai “The King of Bird”, karena ketangguhan, kecepatan, dan keakuratannya di udara. Inilah yang juga menggambarkan Reaksi.ID, reaktif terhadap isu-isu di masyarakat namun juga tetap menjaga hal-hal penting sebelum mempublikasikannya, seperti keberimbangan data, pendekatan, dan kredibilitas sumber data.
  • Warna biru pada logo bermakna secara filosofis kepercayaan, konservatif, keamanan, teknologi, kebersihan, dan keteraturan. Melambangkan sifat kepercayaan, kehandalan dan bertanggung jawab sebagai citra Reaksi.ID yang merupakan media digital.
  • Warna hijau pada logo yang mengandung arti sehat, alami, keberuntungan dan pembaharuan, menggambarkan evolusi pembaharuan kepada kemajuan yang progresif kearah yang lebih baik, selain itu mendefinisikan kesungguhan hati nurani dalam berkomitmen.
  • Kemudian warna hitam dan juga gradasi warna biru dan warna hijau, mengandung filosofis modern, kekinian, elegan, dan juga kebijaksanaan. Dengan begitu akan dapat sesuai dengan pembaca kami yang merupakan masyarakat milenial dan generasi z yang kekinian dan modern.

Halaman Lainnya

Sosial Media