China : Permintaan Data Mentah Covid-19 Oleh Tim WHO Ditolak

China : Permintaan Data Mentah Covid-19 Oleh Tim WHO Ditolak

China menolak memberikan data mentah tentang kasus COVID-19 awal kepada tim yang Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyelidiki asal-usul pandemi, kata salah satu penyelidik tim.

Tim telah meminta data mentah pasien pada 174 kasus yang telah di identifikasi dari fase awal wabah di kota Wuhan pada Desember 2019, serta kasus-kasus lain, tetapi hanya diberikan ringkasan, kata Dominic Dwyer, seorang ahli penyakit menular Australia yang merupakan anggota tim.

Dominic mengatakan bahwa data mentah semacam itu dikenal sebagai “daftar baris” dan biasanya akan di anonimkan. Data tersebut berisi hal-hal detail seperti pertanyaan apa yang di ajukan kepada pasien, tanggapan mereka dan proses analisis tanggapan mereka.

Advertisements

“Itu praktik standar untuk penyelidikan wabah,” katanya kepada kantor berita Reuters pada hari Sabtu melalui panggilan video dari Sydney, di mana dia saat ini sedang menjalani karantina.

Dia mengatakan bahwa mendapatkan akses ke data mentah sangat penting karena hanya setengah dari 174 kasus berasal dari paparan di pasar Huanan. Pasar Huanan adalah pusat makanan laut grosir yang sekarang di tutup di Wuhan yaitu tempat awal virus Covid-19 terdeteksi.

Misi WHO selama empat minggu ke China untuk mengungkap asal-usul virus corona yang berakhir awal pekan ini tidak mendapat temuan konklusif. Namun, otoritas China menyediakan banyak materi, Dwyer mengatakan masalah akses ke data pasien mentah akan disebutkan dalam laporan akhir tim.

BACA JUGA  Rangkuman Berita Internasional 7 Januari 2021

“Orang-orang WHO tentu merasa bahwa mereka telah menerima lebih banyak data daripada yang pernah mereka terima di tahun sebelumnya. Sehingga dengan sendirinya adalah kemajuan,” katanya.

Sementara itu, pada hari Sabtu, pakar WHO lainnya menyuarakan frustrasi atas kurangnya akses ke data mentah yang mengatakan lebih banyak diperlukan untuk mendeteksi kemungkinan kasus COVID-19 dini.

“Kami ingin lebih banyak data. Kami telah meminta lebih banyak data,” peter Ben Embarek, yang memimpin misi WHO ke Wuhan, mengatakan kepada kantor berita AFP.

Ringkasan temuan tim dapat dirilis pada awal minggu depan, kata WHO pada hari Jumat.

Kesulitan Melakukan Penyeledikan Bebas

Penyelidikan telah menghadapi penundaan, kekhawatiran atas akses dan pertengkaran antara Beijing dan Washington. Washington menuduh China menyembunyikan eskalasi wabah awal dan mengkritik ketentuan kunjungan, di mana para ahli China melakukan penelitian fase pertama.

Tim, yang tiba di Cina pada bulan Januari, terbatas pada kunjungan yang diselenggarakan oleh tuan rumah Cina. Tim di cegah dari kontak dengan anggota komunitas, karena pembatasan kesehatan. Selain itu waktu para peneliti terbuang dua minggu pertama untuk di habiskan di karantina hotel.

Penolakan China untuk menyerahkan data mentah pada kasus AWAL COVID-19 di laporkan sebelumnya oleh The Wall Street Journal dan The New York Times pada hari Jumat.

BACA JUGA  Mewaspadai Mutasi Covid-19 Kepada Anak-anak Kita

Kementerian luar negeri China tidak segera membalas permintaan komentar tetapi Beijing sebelumnya telah membela transparansinya dalam menangani wabah dan kerja samanya dengan misi WHO.

Dwyer mengatakan pekerjaan dalam tim WHO harmonis tetapi ada “argumen” kadang-kadang dengan rekan-rekan Cina mereka atas interpretasi dan signifikansi data, yang ia gambarkan sebagai “alami” dalam probe tersebut.

Penyelidikan Rantai Distribusi Makanan Beku

Peter Daszak, seorang ahli zoologi, dan anggota lain dari misi WHO, namun, men-tweet pada hari Sabtu bahwa ia memiliki pengalaman yang berbeda sebagai pemimpin kelompok kerja hewan dan lingkungan misi.

“Saya menemukan kepercayaan & keterbukaan rekan-rekan China saya. Kami MEMANG mendapatkan akses ke data baru yang penting di seluruh. Kami MEMANG meningkatkan pemahaman kami tentang kemungkinan jalur tumpahan,” katanya menanggapi potongan The New York Times.

Ini BUKAN pengalaman saya dalam @WHO. Sebagai pemimpin kelompok kerja hewan / lingkungan saya menemukan kepercayaan & keterbukaan dengan rekan-rekan China saya. Kami MEMANG mendapatkan akses ke data baru yang penting di seluruh. Kami MEMANG meningkatkan pemahaman kami tentang kemungkinan jalur tumpahan.

Beijing telah berusaha untuk melemparkan keraguan pada gagasan bahwa virus corona berasal dari Cina, menunjuk pada makanan beku impor sebagai saluran.

BACA JUGA  Rangkuman Berita Nasional 2 Januari 2021

Pada hari Selasa, Ben Embarek mengatakan kepada konferensi berita bahwa penularan virus melalui makanan beku adalah kemungkinan, tetapi menunjuk kepada penjual pasar yang menjual produk hewan peliharaan beku termasuk hewan liar yang ditani sebagai jalur potensial yang menjamin studi lebih lanjut.

Pada hari Sabtu, Gedung Putih menyerukan kepada China untuk membuat data yang tersedia sejak hari-hari awal wabah COVID-19, dengan mengatakan memiliki “kekhawatiran mendalam” tentang cara temuan laporan COVID-19 WHO dikomunikasikan.

Penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa sangat penting bahwa laporan itu independen dan bebas dari “perubahan oleh pemerintah China”, menggemakan kekhawatiran yang diangkat oleh pemerintahan mantan Presiden Donald Trump, yang juga pindah untuk keluar dari WHO atas masalah ini.

“Melibatkan kembali WHO juga berarti memegangnya dengan standar tertinggi,” kata Sullivan. “Kami memiliki keprihatinan mendalam tentang cara di mana temuan awal penyelidikan COVID-19 dikomunikasikan dan pertanyaan tentang proses yang digunakan untuk menjangkau mereka.”

KATEGORI
TAGS
Share This

KOMENTAR

Wordpress (0)