Myanmar : Peluru Karet Ditembakan Ke Demonstran, Korban Berguguran

Myanmar : Peluru Karet Ditembakan Ke Demonstran, Korban Berguguran

Selasa kemarin adalah hari keempat protes berturut-turut. Larangan pertemuan publik besar dan jam malam telah di umumkan di beberapa kota oleh pemimpin militer Min Aung Hlaing.

Namun, para demonstran terus menuntut pembebasan pemimpin terpilih Aung San Suu Kyi, bersama dengan para pemimpin senior Liga Nasional untuk Partai Demokrasi (NLD) nya. Militer sebelumnya telah menyatakan keadaan darurat selama setahun dan mengklaim bahwa pemilu sebelumnya adalah kecurangan.

Sebelumnya pada hari Selasa, polisi mulai menggunakan meriam air terhadap demonstran di Nay Pyi Taw. Tetapi kerumunan orang menahan rentetan air yang ditembakkan ke arah mereka dan menolak untuk mundur, menurut kantor berita Reuters.

Advertisements

“Akhiri kediktatoran militer,” teriak orang-orang.

Tembakan peringatan akhirnya ditembakkan ke udara, sebelum peluru karet ditembakkan ke arah demonstran.

Menurut BBC Burma, yang berbicara kepada seorang petugas medis yang tidak disebutkan namanya dari RS Nay Pyi Taw, dua demonstran terluka. Seorang wanita terluka parah akibat luka di kepala dan demonstran lain mengalami luka di dada. Belum jelas bagaimana tepatnya mereka terluka.

BACA JUGA  Yang Kamu Harus Ketahui di Kebijakan Privasi Terbaru WhatsApp

Kantor berita Reuters juga berbicara dengan seorang dokter yang mengatakan sinar-X menunjukkan amunisi karet telah digunakan terhadap wanita itu dengan luka kritis di kepala.

Pergerakan Para Pemuda Myanmar Menyelamatkan Demokrasi

“Kami datang ke sini sangat menyadari larangan pertemuan lebih dari lima orang,” kata salah seorang demonstran pria muda kepada BBC Burma, saat ia berkumpul dengan orang lain di dekat gedung PBB di Yangon dalam upaya untuk meningkatkan perhatian internasional.

“Namun, kami keluar karena kami harus memprotes sampai presiden dan Ibu Suu dibebaskan,” tambahnya, merujuk pada pemimpin Aung San Suu Kyi, yang belum terdengar sejak ditempatkan di bawah tahanan rumah.

Seorang pengunjuk rasa perempuan, yang juga tidak ingin disebutkan namanya, mengatakan: “Kaum muda memiliki masa depan mereka, jadi kita tidak bisa mentolerir ini… Kami akan terus berjuang sampai kami mendapatkan presiden dan Ibu Suu kami kembali, apa pun yang diperlukan.”

Dia mengatakan para demonstran muda ingin menghindari konfrontasi dengan militer, seperti yang telah terlihat di masa lalu.

BACA JUGA  Israel : Kelompok Yang Mengatakan Israel Negara Apartheid Akan Di Larang Mengajar

Pada hari Senin, Gen Min Aung Hlaing tampil di depan televisi sejak kudeta seminggu sebelumnya. Dia bersikeras perebutan kekuasaan di benarkan karena “kecurangan pemilih”. Ia menuduh komisi pemilihan gagal menyelidiki penyimpangan atas daftar pemilih dalam pemilihan November.

Namun, komisi itu telah mengatakan tidak ada bukti untuk mendukung klaim penipuan yang meluas. Ms Suu Kyi dan berbagai pemimpin senior dari NLD, termasuk Presiden Win Myint, ditahan pada 1 Februari.

Gen Min Aung Hlaing menjanjikan pemilihan baru yang diawasi oleh komisi pemilihan baru yang “di reformasi”. Ia juga menjanjikan militer akan menyerahkan kekuasaan kepada pemenang.

KATEGORI
TAGS
Share This

KOMENTAR

Wordpress (0)