Tempe: Daging Yang Bukan Daging

0
43
Tempe
Tempe
Advertisement

Tempe, salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia, dijajakan mulai dari pedagang kaki lima hingga hotel bintang lima. Karena itulah, tempe menjadi lauk makanan yang paling sering dimakan oleh masyarakat Indonesia. Jika nasi merupakan makanan utama masyarakat Indonesia, mungkin tempe menjadi makanan nomor 2 setelah nasi yang paling banyak dimakan oleh masyarakat Indonesia.

Tahu kah kamu bahwa tempe merupakan alternatif bagi para vegetarian untuk dapat mengobati rasa rindu memakan daging? Ya, bagi para vegetarian, tekstur dari tempe lumayan dapat mengobati rasa rindu vegetarian dalam memakan daging. Mungkin bagi kalian yang bukan vegetarian, akan merasakan memakan Tempe biasa saja. Namun bagi vegetarian yang tidak memakan daging hewan, rasa tempe ini sangat luar biasa, dan tentunya tergantung seberapa ahli orang tersebut mengolahnya.

Berikut ini beberapa bentuk makanan dari tempe yang dimasak seakan-akan seperti daging:

Burger Tempe

Burger Tempe
Burger Tempe

Yang pertama adalah burger tempe, yaitu burger yang menggunakan tempe sebagai pengganti dari daging. Ya mungkin rasanya tidak 100% seperti Beef burger, tapi setidaknya lumayan bisa mengobati rasa rindu makan Beef Burger. Untuk kamu yang lagi diet, sebenernya cocok juga sih ini, karena tempe cenderung lebih rendah kolesterol daripada daging sapi.

BACA JUGA  Sebuah Renungan Ditengah Wabah Pandemi Corona

Semur Tempe

Semur Tempe
Semur Tempe

Yang kedua adalah semur tempe, biasanya sih dipadukan dengan kawan setianya tahu, jadi semur tahu tempe. Ini merupakan salah satu menu favorit ketika lebaran, karena tidak bisa makan semur daging ataupun rendang. Kalau untuk rasa nggak perlu diragukan lagi, lumayan identik karena sama bumbunya.

Tempe Penyet

Tempe Penyet
Tempe Penyet

Berikutnya adalah tempe penyet, menu yang bisa mengobati rasa rindu sama iga penyet dan ayam penyet. Mungkin bukan hanya vegetarian yang suka makan ini, anak kost kayanya juga suka makan ini deh, karena biasanya menu itu yang paling murah kalau beli di tempat ayam penyet.

Advertisement

Jadi begitu deh kenapa tempe ini bisa dibilang daging tapi sebenarnya buka daging, bahkan ada juga yang bilang bahwa tempe ini merupakan daging nabati. Ya semoga aja harga kedelai di pasar bisa segera turun, biar tempe nggak langka lagi. Dan jangan sampai makanan yang merakyat satu ini jadi makanan yang mahal gara-gara bahan baku yang mahal.

Advertisement