Yang Kamu Harus Ketahui di Kebijakan Privasi Terbaru WhatsApp

Yang Kamu Harus Ketahui di Kebijakan Privasi Terbaru WhatsApp

WhatsApp telah memperbarui kebijakan privasinya, dan pengguna memiliki waktu hingga 8 Februari 2021 untuk menerima syarat dan ketentuan baru tersebut. Kebijakan baru tersebut menjelaskan bagaimana data pengguna terpengaruh ketika ada interaksi dengan akun bisnis di WhatsApp, dan memberikan detail lebih lanjut tentang integrasi WhatsApp dengan Facebook, sebagai perusahaan induk WhatsApp.

Apakah WhatsApp akan membagikan pesan Anda dengan Facebook?

Tidak. Kebijakan privasi tidak mengubah cara WhatsApp memperlakukan obrolan pribadi. Pesan WhatsApp tetap terenkripsi ujung ke ujung – tidak ada pihak ketiga yang dapat membacanya. Dalam sebuah pernyataan, WhatsApp mengatakan: “Pembaruan tidak mengubah praktik berbagi data WhatsApp dengan Facebook dan tidak memengaruhi cara orang berkomunikasi secara pribadi dengan teman atau keluarga … WhatsApp tetap sangat berkomitmen untuk melindungi privasi pengguna.”

Data apa yang akan dibagikan WhatsApp dengan Facebook?

Pertukaran data dengan Facebook sebenarnya sudah berlangsung lama. Meskipun pengguna di Uni Eropa dapat memilih untuk tidak berbagi data dengan Facebook, seluruh dunia tidak memiliki pilihan yang sama. Jadi hanya pengguna di Uni Eropa saja yang memiliki pilihan untuk tidak membagikan data dengan Facebook, karena hal tersebut berkaitan dengan pengaturan data privasi yang diatur pada General Data Protection Regulation (GDPR).

Advertisements

Beberapa info yang dikumpulkan WhatsApp dan akan dibagikan ke Facebook termasuk diantaranya data lokasi, alamat IP, model ponsel, OS, level baterai, kekuatan sinyal, browser, jaringan seluler, ISP, bahasa, zona waktu, dan bahkan IMEI. Ada juga informasi tentang bagaimana Anda berkirim pesan, menelepon, grup apa yang Anda hadiri, Status, foto profil, terakhir kali Anda online, dll.

BACA JUGA  Layanan Sempat Down Selama 45 menit, Ini Penjelasan Google

WhatsApp bahkan menambahkan bagian terpisah yang disebut “Data Transaksi dan Pembayaran” yang menetapkan platform akan memproses informasi tambahan bahkan untuk pembayaran, yang dilakukan melalui aplikasi (WhatsApp sekarang memiliki pembayaran di India). Perusahaan mengklaim ini untuk tujuan analitik, meskipun itu akan memberikan pengidentifikasi uniknya ke Perusahaan Facebook lainnya.

Mengapa pertukaran data ini dengan Facebook penting?

Kebijakan tersebut memberikan alasan untuk berbagi data dengan Facebook: dari memastikan keamanan yang lebih baik dan memerangi spam hingga meningkatkan pengalaman pengguna, yang juga ada dalam kebijakan sebelumnya.

Namun kebijakan baru tersebut merupakan tanda lebih lanjut dari integrasi WhatsApp yang lebih dalam ke dalam grup perusahaan Facebook. CEO Mark Zuckerberg pada tahun 2019 berbicara tentang visi lintas platformnya di Facebook Messenger, Instagram, dan WhatsApp – dia menyebutnya “interoperabilitas”.

Pesan Langsung Instagram dan Facebook Messenger telah terintegrasi. Facebook ingin menghadirkan lebih banyak layanan ke WhatsApp, dan telah menambahkan fitur yang disebut room atau ruangan. Integrasi tersebut telah berlangsung cukup lama.

PARIS, FRANCE – MARCH 15: In this photo illustration, the logos of the messaging applications, WhatsApp, Instagram, Messenger and Facebook are displayed on the screen of an Apple iPhone on March 15, 2019 in Paris, France. Social media Facebook, Instagram, Messenger and WhatsApp have been affected by a global outage for nearly 24 hours on March 14, 2019 cutting virtual worlds to nearly 2.3 billion potential users. Facebook has explained the causes of malfunctions that have disrupted its networks in recent days. This failure is due to the “server configuration change” that has caused cascading problems Facebook is excused for the inconvenience caused to users and companies that are dependent on Facebook, Instagram or WhatsApp to run their business.(Photo by Chesnot/Getty Images)

Apakah itu berarti WhatsApp akan menggunakan data Anda untuk iklan?

WhatsApp belum menampilkan iklan, dan sepertinya belum ada rencana untuk merealisasikan hal tersebut dalam waktu dekat ini. Jika Anda khawatir pesan pribadi akan digunakan untuk menargetkan iklan di WhatsApp, itu tidak akan terjadi karena dienkripsi.

BACA JUGA  Mengenal Telegram, Aplikasi Pesan Pengganti WhatsApp

Tetapi peningkatan berbagi data dengan Facebook akan digunakan untuk meningkatkan pengalaman iklan di seluruh produk perusahaan lainnya, seperti di Facebook, Instagram, dan layanan iklan Facebook Audience Network pada Website ataupun aplikasi tertentu yang bekerja sama.

Apakah WhatsApp menyimpan pesan?

Tidak, kata WhatsApp. Menurut kebijakan privasi, setelah pesan terkirim, pesan tersebut akan “dihapus” dari server perusahaan. WhatsApp menyimpan pesan hanya jika pesan “tidak dapat dikirim segera” – pesan tersebut kemudian akan tetap berada di server WhatsApp “hingga 30 hari” dalam bentuk terenkripsi karena WhatsApp terus mencoba mengirimkannya. Jika tidak terkirim setelah 30 hari, maka pesan tersebut akan dihapus dari server WhatsApp.

Apa yang dikatakan kebijakan tentang data yang dibagikan dengan bisnis?

Kebijakan baru menjelaskan bagaimana bisnis mendapatkan data saat pengguna berinteraksi dengan mereka di platform: konten yang dibagikan dengan bisnis di WhatsApp akan terlihat oleh “beberapa orang dalam bisnis itu”. Ini penting karena WhatsApp sekarang memiliki lebih dari 50 juta akun bisnis. Untuk WhatsApp, ini adalah model monetisasi yang potensial.

BACA JUGA  2021 WhatsApp Tidak Bisa Digunakan Pada Android dan iOS Lawas

Kebijakan tersebut mengatakan bahwa beberapa “bisnis mungkin bekerja dengan penyedia layanan pihak ketiga (yang mungkin termasuk Facebook) untuk membantu mengelola komunikasi mereka dengan pelanggan mereka”. Untuk memahami bagaimana bisnis menangani informasi yang Anda bagikan dengan mereka, WhatsApp merekomendasikan agar pengguna membaca kebijakan privasi “bisnis” atau menghubungi bisnis tersebut secara langsung “.

Apakah Anda harus menerima kebijakan privasi?

WhatsApp-Update-Privacy-Policy

Pembaruan Kebijakan Privasi WhatsApp

Ya, ini adalah praktik standar untuk sebagian besar perangkat lunak. Jika tidak mau, Anda dapat menghapus akun Anda dan beralih ke layanan lain. Banyak orang tampaknya beralih ke Telegram dari WhatsApp. Telegram adalah aplikasi pesan seperti WhatsApp, gratis dan terenkripsi ujung-ke-ujung juga, serta yang paling penting adalah Telegram merupakan aplikasi open source, sehingga pengguna dapat mengetahui bagaimana aplikasi Telegram dalam memproses pesan dan aktivitasnya. Telegram sudah cukup populer di Indonesia, bahkan pernah menduduki peringkat pertama aplikasi dari Google Play Store pada tahun 2020 lalu.

LONDON, ENGLAND – MAY 25: A close-up view of the Telegram messaging app is seen on a smart phone on May 25, 2017 in London, England. Telegram, an encrypted messaging app, has been used as a secure communications tool by Islamic State. (Photo by Carl Court/Getty Images)

Siapa yang diuntungkan dari langkah ini?

Ini semua tentang bisnis. Facebook akan mendapat untung besar dari ini karena semua data dari WhatsApp ini akan masuk ke Facebook. Sejumlah perusahaan seperti Facebook telah membuat pusat data besar untuk menyimpan informasi jutaan orang dan begitu Facebook membagikan data ini dengan perusahaan-perusahaan tersebut, itu akan mendapatkan keuntungan besar dari mereka. Sesuai pembaruan, pendapatan Facebook pada 2019 adalah 70,7 miliar dolar AS pada 2019. Setelah dikurangi biaya-biaya, perusahaan melaporkan laba bersih 18,5 miliar dolar AS.

KATEGORI
TAGS
Share This

KOMENTAR

Wordpress (0)