Rangkuman Berita Internasional 9 Januari 2021

Rangkuman Berita Internasional 9 Januari 2021

India : 10 Bayi Tewas Setelah Kebakaran Di Rumah Sakit

Sepuluh bayi tewas di unit bersalin di negara bagian Maharashtra, India pada sabtu dini hari ketika api merobek rumah sakit besar. Staf menyelamatkan tujuh bayi yang baru lahir di rumah sakit distrik Bhandara tetapi mereka tidak bisa menyelamatkan 10 lainnya, Kata Pramod Khandate, seorang dokter senior. Semua bayi yang meninggal berusia antara beberapa hari dan tiga bulan, menurut laporan.

“Penyebab kebakaran belum diketahui tapi staf kami padamkan api secepatnya. Asap itu menyebabkan bayi-bayi itu tercekik,” kata Khandate. Perawat yang bertugas melihat kebakaran yang berasal dari unit neonatal rumah sakit dan menaikkan alarm.

“Tragedi menyayat hati di Bhandara, Maharashtra, di mana kami telah kehilangan kehidupan muda yang berharga,” kata Perdana Menteri Narendra Modi di Twitter. Pemimpin oposisi Rahul Gandhi menyebut kematian itu “sangat tragis”.

Advertisements

Pihak berwenang memerintahkan penyelidikan segera yang mengakibatkan keraguan tentang keselamatan di rumah sakit India. Lebih dari 90 orang meninggal di sebuah kebakaran di rumah sakit Kolkata pada tahun 2011. Kebakaran di sebuah rumah sakit di Ahmedabad pada Agustus lalu menewaskan delapan pasien virus corona. Lima pasien Covid-19 lainnya meninggal dalam kobaran api di sebuah klinik di Rajkot pada Bulan November.

The Guardian

Korea Utara : Kim Jong Un Berjanji Meningkatkan Hubungan Dengan Seluruh Dunia

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pada hari Jumat berjanji untuk meningkatkan hubungan dengan seluruh dunia, menurut laporan media negara tersebut. Dia membuat pengumuman itu selama pidato pada hari ketiga kongres partai. Dia menekankan perlunya memperkuat hubungan antar-Korea serta upaya diplomatik dengan negara lain.

Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) melaporkan Kim “menyatakan orientasi umum dan kebijakan partai kami untuk memperluas dan mengembangkan hubungan eksternal secara komprehensif.” Dia tidak merinci tindakan apa yang akan diambil untuk melakukannya.

BACA JUGA  Korea Utara : Parade Militer Dengan Misil Balistik Baru

Pada pertemuan Partai Buruh di tujukan untuk meninjau pekerjaan partai sejak pertemuan terakhir, serta menetapkan tujuan baru untuk lima tahun ke depan. Hari pertama pertemuan melihat pengakuan langka akan kegagalan kebijakan partai dari pertemuan terakhir pada 2016. Korea Utara juga mengumumkan rencana untuk memperluas kemampuan militernya, dalam pembangkangan sanksi internasional.

DW News

Iran : Penolakan Vaksin Amerika & Inggris Hingga Menyiapkan Rudal Bawah tanah

Vaksin yang diproduksi oleh AS dan Inggris akan di larang memasuki Iran. “Impor vaksin AS dan Inggris ke dalam negeri dilarang … Mereka benar-benar tidak dapat di percaya,” kata Ayatollah Ali Khamenei dalam pidato yang disiarkan langsung. “Bukan tidak mungkin mereka ingin mencemari bangsa lain.

“Mengingat pengalaman kami dengan persediaan darah Prancis yang tercemar HIV, vaksin Prancis juga tidak dapat dipercaya,” tambahnya, merujuk pada skandal darah Prancis yang terkontaminasi pada 1980-an dan 1990-an.

Komentar Khamenei mencerminkan hubungan tegang antara Iran dan barat, yang belum mereda di hari-hari memudarnya kepresidenan Donald Trump.

Korps Garda Revolusi Islam elit Iran (IRGC) telah meluncurkan pangkalan rudal bawah tanah besar di sepanjang pantai Teluk Persia di tengah meningkatnya ketegangan dengan Amerika Serikat.

Dalam klip yang ditayangkan di televisi negara, komandan tingkat tinggi dari IRGC terlihat saat mereka memasuki depot bawah tanah, pintu masuk yang dicat dengan bendera AS dan Israel sehingga mereka bisa berjalan di atas bendera tersebut.

“Di belakang kami, Anda dapat melihat kolom rudal ini dan sistem peluncuran mereka. Kolom-kolom ini membentang sepanjang kilometer,” kata kepala IRGC Hossein Salami, berdiri di depan peluncur, menambahkan bahwa Angkatan Laut IRGC memiliki “banyak” pangkalan seperti itu.

BACA JUGA  Internasional : Krisis Iklim Semakin Mengancam, Generasi Tua adalah Kunci Perubahannya!

“Rudal Angkatan Laut Garda Revolusi Iran saat ini memiliki jangkauan ratusan kilometer, presisi mereka telah membaik dan mereka memiliki kekuatan destruktif yang tinggi,” katanya.

Garda Revolusi Iran mengatakan tahun lalu bahwa mereka telah membangun “kota rudal” bawah tanah di sepanjang garis pantai Teluk, memperingatkan “mimpi buruk bagi musuh-musuh Iran.”

Salami memuji perkembangan sistem pertahanan Iran yang menyoroti “kemajuan besar pada tingkat sistem intelijen target, sistem pencarian, serta sistem radar rudal.”

The Guardian, al-Jazeera dan DW News

Pakistan : Menghapus Pembatasan Visa Bangladesh

Pakistan telah mencabut semua pembatasan visa bagi warga negara Bangladesh. “Pakistan telah menghapus semua pembatasan visa Pakistan untuk warga negara Bangladesh,” kata sebuah pernyataan oleh Komisi Tinggi Pakistan di Bangladesh setelah pertemuan antara Komisaris Tinggi Pakistan Imran Ahmed Siddiqui dan Menteri Luar Negeri Bangladesh Md Shahriar Alam pada Hari Kamis.

“Kedua belah pihak sepakat untuk mengintensifkan kontak bilateral di semua tingkatan,” tambah pernyataan itu.

Berbicara kepada Anadolu Agency setelah pertemuan itu, Siddiqui mengatakan Pakistan sedang menunggu tanggapan yang sama dari pihak Bangladesh.

“Pembatasan Bangladesh terhadap warga negara Pakistan masih diberlakukan, dan itulah sebabnya saya memberi tahu menteri negara bahwa kami telah mencabut semua batasan dari pihak kami,” katanya.

Bangladesh, yang sebelumnya adalah Pakistan Timur, memperoleh kemerdekaan setelah perang berdarah pada tahun 1971 karena kebencian masyarakat terhadap kekuasaan yang terkonsentrasi di Pakistan Barat.

Hubungan bilateral kedua negara tetap tegang sejak itu, tetapi mencapai puncaknya pada tahun 2009 ketika Bangladesh mendirikan pengadilan untuk menuntut mereka yang dituduh melakukan kejahatan perang pada tahun 1971.

BACA JUGA  Amerika : Peralihan Massal Ke Aplikasi Signal Setelah WhatsApp Merubah Kebijakan Privasi

Tetapi para analis mengatakan Bangladesh mulai mencari hubungan yang lebih dekat dengan Pakistan atas sikap India baru-baru ini, termasuk kontrol monopoli atas sungai, pembunuhan warga sipil Bangladesh yang tidak bersenjata di perbatasan, dan disahkannya Undang-Undang Amandemen Kewarganegaraan (CAA) yang kontroversial.

Pada Juli tahun lalu, Perdana Menteri Pakistan Imran Khan melakukan panggilan telepon langka kepada rekannya di Bangladesh Sheikh Hasina ketika Dhaka menyatakan mengejar kebijakan luar negeri “persahabatan untuk semua dan kedengkian tidak ada”.

Pada hari Kamis, utusan Pakistan itu juga menyerukan Hasina dan Menteri Luar Negeri AK Abdul Momen di Dhaka dan dilaporkan membahas berbagai masalah bilateral.

Dalam pernyataan terpisah oleh kementerian luar negeri Bangladesh, Menteri Alam dikutip mengatakan: “Kami berharap dapat terlibat dengan Pakistan.”

Kedua belah pihak sepakat tentang perlunya mengadakan konsultasi kantor asing yang lama tertunda yang terakhir diadakan pada tahun 2010, tambahnya.

Al-Jazeera

Brazil : Angka Kematian Melonjak Hingga Melebihi 200.000 Orang

Angka kematian COVID-19 Brasil melewati 200.000 pada hari Kamis. Virus corona baru sekarang telah menewaskan 200.498 orang di Brasil, menurut angka kementerian kesehatan – menjadi tertinggi kedua di seluruh dunia, setelah Amerika Serikat, di mana jumlahnya berdiri di hampir 363.000.

Banyak yang mengharapkan pandemi mereda pada tahun 2021. Tetapi di Brasil di mulai dengan badai api kontroversi atas kekosongan dalam rencana vaksinasi pemerintah dan penolakan Presiden Jair Bolsonaro akan keberadaan Covid-19.

Situasinya menjadi lebih buruk di Brasil kata Paulo Lotufo, seorang ahli epidemiologi di Universitas Sao Paulo. “Saya bahkan tidak tahu bagaimana kami akan melewati Januari,” katanya kepada kantor berita AFP. “Banyak tenaga kesehatan yang kelelahan. Orang-orang harus berurusan dengan sejumlah besar penderitaan.”

al-Jazeera

KATEGORI
TAGS
Share This

KOMENTAR

Wordpress (0)