Rangkuman Berita Internasional 7 Januari 2021

Rangkuman Berita Internasional 7 Januari 2021

Amerika : Para Pemimpin Dunia Bereaksi Setelah Kerusuhan Mewarnai Penetapan Joe Biden

Kekerasan di Amerika Serikat dalam transisi politik Trump ke Joe Biden menjadi sorotan. Negara yang paling mempromosikan demokrasi, terancam dalam jurang krisis demokrasi.

Pendukung Donald Trump menyerbu sesi Kongres yang diadakan untuk mengesahkan kemenangan pemilihan Joe Biden. Para pemimpin dunia mengikuti perkembangan di Washington, DC, dengan “keprihatinan”.

Beberapa jam setelah unjuk rasa luar biasa karena Trump menantang kekalahannya. Para pendukungnya melambai-lambaikan bendera dan menghancurkan barikade di luar Capitol dan berkerumun di dalam. Sesi khusus menjadi memasuki masa istirahat darurat karena pengunjuk rasa memasuki ruangan. Kerusuhan ini di nilai sebagai upaya putus asa pada menit-menit terakhir oleh Trump.

Advertisements

Tanggapan Selandia Baru

Menteri Luar Negeri Selandia Baru Nanaia Mahuta mengatakan, “Kami menyesali peristiwa yang terjadi di Washington DC. Pikiran kita bersama rakyat Amerika. Kekerasan tidak memiliki tempat dalam menggagalkan demokrasi. Kami menantikan transisi damai dari administrasi politik, yang merupakan ciri khas demokrasi.”

Tanggapan Australia

Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan, “Pemandangan yang sangat menyedihkan di Kongres AS. Kami mengutuk tindakan kekerasan ini dan menantikan pemindahan Pemerintahan secara damai ke pemerintahan yang baru terpilih dalam tradisi besar demokrasi Amerika.”

Tanggapan Perancis

Dalam sebuah video yang diposting ke Twitter, Presiden Prancis Emmanuel Macron menggambarkan serangan terhadap Kongres sebagai “bukan Amerika” dan mengatakan dia “percaya pada kekuatan demokrasi di Amerika Serikat.”

Tanggapan Turki

Ketua Parlemen Turki Mustafa Sentop mengatakan di Twitter: “Kami mengikuti peristiwa di AS dengan perhatian dan mengundang para pihak untuk menenangkan diri. Kami percaya bahwa masalah akan selalu diselesaikan dalam hukum dan demokrasi. ”

Tanggapan Jerman

Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas mengatakan musuh demokrasi akan dihibur dengan adegan kekerasan di Capitol AS, dan dia meminta Trump untuk menerima keputusan pemilih AS.

Tanggapan Kanada

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan “warga Kanada sangat terganggu dan sedih dengan serangan terhadap demokrasi di Amerika Serikat, sekutu dan tetangga terdekat kami. Kekerasan tidak akan pernah berhasil mengesampingkan keinginan rakyat. ”

Tanggapan Inggris

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan “Adegan memalukan di Kongres AS. Amerika Serikat mendukung demokrasi di seluruh dunia dan sekarang penting bahwa harus ada transfer kekuasaan yang damai dan tertib, ”kata Johnson di Twitter.

China : Tim Ahli WHO Masih Belum Di Perbolehkan Masuk

Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan kekecewaannya karena China masih belum menyetujui masuknya tim ahli internasional. Tim ini  bertugas menyelidiki asal – usul virus Covid-19.

BACA JUGA  Antartika & Greenland : Pencairan Es Semakin Cepat dan Mengkhawatirkan

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan dua dari sepuluh anggota tim internasional telah terlebih dahulu ke China. Namun, di ketahui bahwa mereka masih belum diizinkan masuk.

“Saya telah melakukan kontak dengan pejabat senior China dan saya sekali lagi menjelaskan bahwa misi adalah prioritas WHO dan tim internasional. Saya yakin bahwa China mempercepat prosedur internal untuk persetujuan secepat mungkin.” Katanya dalam konferensi pers online di Jenewa pada Selasa sore.

Tim ahli WHO seharusnya melakukan perjalanan ke Wuhan di mana kasus pertama virus korona dilaporkan. Yaitu pada akhir 2019 untuk mendalami “penilaian epidemiologi, virologi, serologi” manusia dan hewan. Upaya ini untuk mencari tahu dari mana virus itu mungkin berasal. Tim ini di pimpin oleh Peter Ben Embarek, ahli penyakit hewan terkemuka WHO yang mempelajari penyakit hewan antar spesies.

Al Jazeera

Hongkong : 50 Aktivis Pro-Demokrasi Di Tangkap

Sekitar 50 aktivis pro-demokrasi di Hong Kong ditangkap pada Rabu oleh polisi kota itu karena dicurigai melakukan “subversi” di bawah undang-undang keamanan nasional kontroversial yang di berlakukan Beijing.

Penangkapan itu termasuk sedikitnya tujuh anggota Partai Demokrat Hong Kong, partai oposisi terbesar di wilayah itu. Tokoh oposisi mengatakan penangkapan itu terkait dengan pemilihan pendahuluan tidak resmi yang diselenggarakan oleh partai-partai pro-demokrasi menjelang pemilihan legislatif lokal.

Orang yang di tangkap antara lain :

  • Mantan ketua Partai Demokrat Hong Kong Wu Chi-wai. Mantan anggota parlemen Helena Wong Lam Cheuk-ting dan James To semuanya ditangkap, menurut halaman Facebook partai tersebut.
  • Rumah Joshua Wong, seorang aktivis pro-demokrasi terkemuka yang dipenjara, juga digerebek pada Rabu pagi, menurut postingan di akun media sosialnya.
  • Seorang warga AS yang bekerja untuk sebuah firma hukum hak asasi manusia Hong Kong, Ho Tse Wai and Partners, juga termasuk di antara mereka yang ditangkap
BACA JUGA  Strategi Umum Perusahaan Startup

Uni Eropa menyerukan pembebasan dan sedang mencari sanksi lebih lanjut terhadap China atas tindakan kerasnya di wilayah tersebut. “Kami saat ini menganalisis situasi untuk melihat cara kami bereaksi. Ada kemungkinan lain yang terbuka bagi kami, sanksi misalnya,” kata juru bicara Komisi Eropa Peter Stano kepada wartawan.

DW News

Uni Eropa : Muncul Keluhan Kelambatan Vaksinasi

Jerman

Para menteri mendapat kecaman dari beberapa bagian media Jerman atas tuduhan bahwa terlalu lama melakukan vaksinasi bagi mereka yang paling berisiko terkena virus. Jerman memulai kampanye imunisasi nasionalnya pada 27 Desember. Lebih dari 300.000 orang telah menerima vaksin tersebut. Kebanyakan dari mereka adalah penghuni panti jompo dan mereka yang berusia 80 tahun ke atas.

Perancis

Hanya beberapa ribu orang yang menerima suntikan pada periode yang sama ketika Jerman berhasil memvaksinasi 300.000 orang. Menteri Kesehatan Olivier Veran telah berjanji bahwa Prancis akan mengejar ketertinggalannya di Uni Eropa dalam beberapa hari mendatang.

Italia

Hampir 20.000 orang telah divaksinasi di negara itu. Hanya Jerman yang memberikan paling banyak dosis di Uni Eropa. Pemerintahan Perdana Menteri Giuseppe Conte menghadapi kritik keras. Asosiasi dokter Italia Fnomceo, misalnya, marah karena 60.000 profesional medis di negara itu tidak diberi peran yang lebih besar dalam mengoordinasikan kampanye vaksinasi.

Belanda

Dengan penundaan hampir dua minggu di bandingkan dengan sebagian besar tetangganya di Eropa, Belanda adalah negara terakhir di UE yang memulai vaksinasi. Dalam menghadapi kritik nasional, Perdana Menteri Mark Rutte terpaksa mengakui bahwa pusat vaksinasi belum cukup siap untuk mendistribusikan vaksin BioNtech-Pfizer. Sebaliknya, pemerintahnya berharap regulator UE akan menyetujui vaksin yang dibuat oleh Universitas Oxford dan pabrikan Inggris AstraZeneca.

Polandia

Polandia memprioritaskan imunisasi staf medis dan karyawan di panti jompo sebagai bagian dari rencana vaksinasi. Menurut pemerintah, pada awal minggu, hampir 50.000 orang dari kelompok ini telah menerima vaksinasi pertama. Hanya setelah staf medis dan perawat orang-orang yang berusia di atas 60 tahun, serta tentara, petugas polisi, pemadam kebakaran dan guru akan menerima vaksinasi.

DW News

Turki : Bentrokan Mahasiswa dan Polisi Terkait Penunjukan Rektor Oleh Negara

Mahasiswa dan staf di sebuah universitas Istanbul bentrok dengan polisi yang di picu oleh pengangkatan rektor yang disetujui negara. Pengangkatan ini syarat dengan muatan politik yang terkait dengan partai yang berkuasa konservatif Turki. Protes seperti ini jarang terjadi di Turki.

Melih Bulu ditunjuk sebagai rektor Universitas Boğaziçi oleh Presiden Recep Tayyip Erdoğan. Ia di lantik berdasar keputusan presiden yang dikeluarkan pada 1 Januari dan dilantik pada hari Selasa. Melih Bulu sebelumnya menjadi calon anggota parlemen dari Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) pada tahun 2015.

Keputusan tersebut disambut dengan kemarahan dari mahasiswa dan anggota fakultas, yang menafsirkan penunjukan Bulu sebagai upaya untuk membatasi kebebasan akademik, dengan mengatakan rektor baru adalah orang pertama yang dipilih dari luar komunitas universitas sejak kudeta militer 1980.

BACA JUGA  Cyberloafing, Fenomena Sosial Pekerja Indonesia

“Dia bukan rektor kami, dia bukan akademisi, dia tidak dipilih secara demokratis,” kata Ceren Karapınar, seorang mahasiswa linguistik di tahun ketiga studi yang berbaris bersama teman-temannya pada hari Rabu.

“Saya datang ke Boğaziçi dari Bursa; Merupakan suatu kehormatan berada di sini. Universitas ini terkenal dengan atmosfer kebebasan dan keterbukaannya … pengangkatan ini menghancurkannya. ”

Selama lima tahun terakhir, ribuan akademisi, pengacara, jurnalis, pegawai negeri dan anggota militer telah ditangkap atau ditahan karena diduga terkait dengan terorisme. Sejak 2016 Erdogan memiliki hak untuk memilih langsung rektor universitas, yang sebelumnya di tunjuk melalui pemilihan, dan lebih dari selusin universitas di seluruh negeri telah di tutup .

The Guardian

Korea Utara : Kim Jong-un Megakui Gagalnya Rencana Ekonomi Lima Tahun

Kim Jong-un berbicara pada pembukaan kongres langka dari Partai Buruh yang berkuasa – hanya kongres kedelapan dalam sejarahnya. Korea Utara menutup perbatasannya Januari lalu untuk mencegah penyebaran Covid-19. Itu telah membuatnya terputus dari tetangga dan sekutunya, China.

Perdagangan antara keduanya telah anjlok sekitar 80%. Topan dan banjir telah menghancurkan rumah dan tanaman di Korea Utara, yang tetap berada di bawah sanksi internasional yang ketat, termasuk atas program nuklirnya.

Dalam pidatonya, Kim mengatakan strategi lima tahun yang dia umumkan pada tahun 2016 “sangat kurang berprestasi di hampir semua sektor” dan kesalahan harus “diakui dengan berani”. Kim diharapkan menggunakan kongres tersebut untuk mengumumkan rencana ekonomi lima tahun yang baru.

BBC

Sudan : Melakukan Normalisasi Hubungan Dengan Israel

Sebuah pernyataan dari kantor perdana menteri Sudan pada Rabu mengatakan Menteri Kehakiman Nasredeen Abdulbari menandatangani kesepakatan dengan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin yang sedang berkunjung. Sudan telah menandatangani “Abraham Accords” dengan Amerika Serikat. Meskipun langkah itu ditolak oleh partai politiknya ketika pertama kali diumumkan pada Oktober tahun lalu.

Penjabat Menteri Keuangan Sudan Hiba Ahmed dan Mnuchin juga “menandatangani nota kesepahaman di Khartoum untuk menyediakan fasilitas pembiayaan untuk membayar tunggakan Sudan ke Bank Dunia”, kata kantornya dalam sebuah pernyataan.

“Langkah ini akan memungkinkan Sudan untuk mendapatkan kembali akses ke lebih dari $ 1 miliar dalam pembiayaan tahunan dari Bank Dunia untuk pertama kalinya dalam 27 tahun,” tambah pernyataan itu.

Kedutaan Besar AS di Khartoum mengatakan perjanjian itu akan “membantu Sudan lebih jauh dalam jalur transformatifnya menuju stabilitas, keamanan, dan peluang ekonomi”.

Partai politik Sudan menolak keputusan pemerintah untuk menormalisasi hubungan dengan Israel pada saat diumumkan, dengan para pejabat mengatakan mereka akan membentuk front oposisi yang menentang perjanjian tersebut.

Sudan memiliki lebih dari $ 60 miliar utang luar negeri. Bantuan dari tunggakan dan akses ke pinjaman luar negeri secara luas dilihat sebagai pintu gerbang menuju pemulihan ekonomi.

Pemerintah telah berjuang dengan defisit anggaran yang sangat besar dan kekurangan barang-barang penting yang meluas, termasuk bahan bakar, roti dan obat-obatan. Inflasi tahunan melonjak melewati 200 persen dalam beberapa bulan terakhir karena harga roti dan bahan pokok lainnya melonjak, menurut angka resmi.

al-Jazeera

KATEGORI
TAGS
Share This

KOMENTAR

Wordpress (0)