Iran : B-52 Bomber Milik Amerika Terbang di Timur Tengah

Iran : B-52 Bomber Milik Amerika Terbang di Timur Tengah

Amerika Serikat kembali menerbangkan pesawat pembom B-52 di atas Timur Tengah. Hal tersebut sebagai upaya intimidasi mengikuti sikap Iran yang mulai melakukan pengayaan Uranium.

Sebelumnya Amerika telah meninggalkan kesepakatan uranium pada tahun 2018. Memberikan sanksi ekonomi kepada Iran dan di duga memerintahkan pembunuhan ahli Atom Iran. Hal ini mendorong Parlemen Iran menerbitkan kebijakan untuk pengayaan Uranium hingga kemurnian 20%. Langkah ini memicu ketegangan baik di Amerika maupun Uni Eropa.

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengutuk misi B-52 pada hari Minggu, mengatakan jika langkah itu adalah upaya untuk mengintimidasi Teheran, maka AS akan lebih baik menghabiskan miliaran militernya “untuk kesehatan pembayar pajak Anda”. “Meskipun kami belum memulai perang selama lebih dari 200 tahun, kami tidak malu untuk menghancurkan agresor,” kata Zarif di Twitter.

Advertisements

B-52 adalah pesawat yang mampu membawa senjata hingga 32.000kg bahan peledak – termasuk bom nuklir. Penerbangan ini terjadi sehari setelah Korps Garda Revolusi Islam menguji coba rudal jarak jauh dan drone terhadap target darat dan laut. Latihan itu di tunjukan dalam parade kekuatan militer skala besar keempat Iran dalam dua minggu.
Ini adalah operasi B-52 kelima dalam beberapa minggu terakhir dan Komando Pusat AS mengatakan Awak Pesawat berhasil menyelesaikan misi.

BACA JUGA  Rangkuman Berita Internasional 4 Januari 2021
KATEGORI
TAGS
Share This

KOMENTAR

Wordpress (0)