Nasional : Mulai Februari Syarat Surat Covid-19 Penumpang Pesawat Diperketat

Nasional : Mulai Februari Syarat Surat Covid-19 Penumpang Pesawat Diperketat

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno-Hatta akan menerapkan sistem baru agar tak ada lagi surat hasil tes Covid-19 palsu. Salah satu caranya adalah dengan mewajibkan fasilitas kesehatan yang menerbitkan surat hasil PCR test atau rapid test antigen bagi calon penumpang mengunggah dokumen itu ke dalam Electronic Health Alert Card (e-HAC).

“Seluruh pelayanan kesehatan yang akan mengeluarkan (hasil tes) PCR atau antigen, harus terdaftar di Electronic Health Alert Card (e-HAC),” kata Kepala KKP Darmawali Handoko kepada wartawan, Senin (18/1/2021).

“Jadi, pihak pelayanan kesehatan itu yang meng-upload (ke e-HAC),” lanjut dia.

Advertisements

Darmawali mengatakan, langkah baru ini wacananya akan berlaku mulai bulan Februari 2021. “Jadi ini bertahap dulu. Rencananya, (pada) bulan Februari,” ucap dia.

Palsu Adanya sistem baru ini bertujuan meminimalisasi beredarnya surat hasil tes Covid-19 palsu di kemudian hari. “Itu kan fasilitas kesehatannya yang harus meng-upload. Kemudian, kemungkinan adanya pemalsuan sangat kecil sekali,” urainya.

Alasan lain lahirnya sistem ini lantaran Polresta Bandara Soekarno-Hatta menangkap 15 orang pemalsu surat hasil tes PCR dan antigen. Para tersangka dijerat Pasal 93 jo Pasal 9 Ayat 1 UU No 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan dan/atau Pasal 14 Ayat 1 UU No 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular dan/atau Pasal 263 dan/atau Pasal 268 KUHP.

BACA JUGA  NTT : Wagub NTT, Ajudannya dan Sopirnya Positif Covid-19
KATEGORI
TAGS
Share This

KOMENTAR

Wordpress (0)