Jerman : Mulai Mewaspadai Dominasi China di Kawasan Indo-Pasifik

Jerman : Mulai Mewaspadai Dominasi China di Kawasan Indo-Pasifik

Jerman baru-baru ini menyusun kebijakan keamanan baru dengan memasukkan kawasan Indo-Pasifik sebagai salah satu fokus perhatian. Dalam waktu dekat, militer Jerman juga berencana mengirimkan armada kapalnya ke Jepang. Jerman mulai mewaspadai gerak-gerik China di kawasan Indo-Pasifik.

Di lansir dari Nikkei, armada kapal milik Angkatan Laut Jerman dijadwalkan akan berlayar ke Jepang pada musim panas tahun ini. Kemungkinan juga akan singgah di Korea Selatan dan Australia.

Musim gugur tahun lalu, kabinet Jerman menyetujui pedoman militer baru yang berkaitan dengan aktivitas di Indo-Pasifik. Pedoman tersebut menekankan pentingnya supremasi hukum dan mempromosikan pasar terbuka di kawasan Indo-Pasifik, sekaligus menyiratkan penolakan adanya monopoli yang hendak di lakukan China.

Advertisements

“Kami berharap bisa berlayar musim panas ini. Kami belum memutuskan detailnya, tapi kami melihat Jepang sebagai ‘port of call’. Kami ingin memperdalam hubungan kami dengan mitra kami dalam kelompok demokrasi,” ungkap Thomas Silberhorn, sekretaris negara parlemen untuk Kementerian Pertahanan Jerman kepada Nikkei.

Kehadiran Jerman, dan beberapa negara Eropa lain, di Indo-Pasifik tahun ini di pastikan bisa memicu respons yang cukup keras dari China mengingat kawasan Indo-Pasifik sedang panas-panasnya.

BACA JUGA  Amerika : Donald Trump Menyetujui Deklarasi Darurat Ibukota Amerika Serikat
KATEGORI
TAGS
Share This

KOMENTAR

Wordpress (0)