Rangkuman Berita Nasional 8 Januari 2021

0
23
Abu Bakar Ba'asyir
Abu Bakar Ba'asyir

DKI Jakarta : Kasus Covid-19 Menembus Rekor Baru

Satgas Penanganan Covid-19 merilis data penambahan kasus Covid-19 harian pada Kamis, 7 Januari 2021. Penambahan hari ini menembus rekor baru, yakni menyentuh 9.321 kasus. Ini merupakan penambahan tertinggi memecahkan rekor kemarin yang bertambah 8.854 kasus. Penambahan Kamis ini membuat total jumlah kasus Covid-19 di Indonesia menjadi 797.723 kasus, alias semakin mendekati 800 ribu kasus.

DKI Jakarta masih menjadi daerah dengan penyumbang kasus terbanyak dengan 2.398 kasus. Disusul kemudian oleh Jawa Barat yang bertambah 1.416 kasus. Jawa Tengah dan Jawa Timur menyusul setelahnya dengan masing-masing bertambah 998 dan 948 kasus. Untuk wilayah lain, tak ada yang menembus penambahan lebih dari 500 kasus untuk hari ini.

Adapun untuk angka kesembuhan, per hari ini bertambah 6.924 kasus. Menjadikan total kasus sembuh adalah 659.437. Namun per hari ini, angka kematian juga tinggi, yakni 224 kasus. Membuat angka kematian total menjadi 23.520 kasus

Tempo

Sulawesi Tengah : Gubernur Sulteng dan Wakil Isolasi Mandiri

GUBERNUR Sulawesi Tengah Longki Djanggola saat ini melakukan isolasi mandiri. Ini di lakukannya setelah menjalani pemeriksaan swab PCR pada Selasa (5/1/21) dengan hasil positif covid-19. Tidak hanya gubernur, Wakil Gubernur Sulteng Rusli Dg Palabbi juga dinyatakan positif covid-19.

“Isolasi mandiri dilaksanakan untuk menjalankan protokol kesehatan sampai dengan ada hasil pemeriksaan swab selanjutnya,”terang Haris, Kamis (7/1).

Sebelumnya, baik gubernur maupun wakil gubernur, tinggal di kediaman masing-masing. Setelah hasil swab PCR keluar, keduanya melakukan isolasi mandiri. Keduanya melakukan isolasi mandiri di Rumah Jabatan Siranindi II di Jalan Moh Yamin Palu.

Kondisi gubernur dan wakil gubernur Sulteng dipastikan normal seperti biasa dan sehat secara medis tanpa merasakan sakit atau keluhan apapun. Sesuai saran dari dokter, keduanya menjalani masa isolasi hingga dinyatakan kembali negatif. Menurut Haris Kariming, baik gubernur maupun wakil gubenur, kini menjalankan roda pemerintahan secara virtual untuk memastikan roda pemerintahan tetap berjalan. Ini juga untuk memastikan kepada masyarakat Sulteng bahwa kondisi keduanya baik-baik saja.

BACA JUGA  Rangkuman Berita Nasional 9 Januari 2021

Media Indonesia

Nasional : PSBB Jawa Bali Pengurangan Kegiatan, Bukan Lockdown

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan, “ditegaskan, ini bukan pelarangan kegiatan masyarakat. Masyarakat jangan panik.”, Kamis, 7 Januari 2021.

Airlangga menerangkan pembatasan dilakukan dengan mengatur potensi kerumunan di sejumlah titik, seperti perkantoran, pusat perbelanjaan, hingga tempat makan. Karena itu, pemerintah menetapkan kembali kapasitas maksimal, seperti di wilayah perkantoran sebesar 25 persen. Sementara itu, sisanya sebanyak 75 persen pekerja kantor harus bekerja dari rumah atau work from home.

Sedangkan pusat perbelanjaan seperti mal tetap beroperasi, namun jam pembukaannya dibatasi maksimal hingga pukul 19.00 WIB. Sedangkan kapasitas pengunjung restoran ditetapkan maksimal 25 persen atau lebih kecil dari sebelumnya yang sebesar 50 persen.

Pembatasan ini berlangsung pada 11 hingga 25 Januari 2021. Berikut ini daerah di Pulau Jawa dan Bali yang terdampak pembatasan:

  1. DKI Jakarta: seluruh wilayah
  2. Jawa Barat: prioritas Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, Kota Cimahi, Kota Bogor, Kota Depok, Kota Bekasi, dan wilayah Bandung Raya
  3. Banten: prioritas Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan
  4. Jawa Tengah: prioritas wilayah Semarang, Banyumas Raya, Kota Surakarta dan sekitarnya
  5. DIY: prioritas wilayah Kota Yogyakarta, Kabupatan Bantul, Gunung Kidul, Sleman, Kulonprogo
  6. Jawa Timur: prioritas wilayah Surabaya Raya dan Malang Raya
  7. Bali: prioritas Kabupaten Badung dan Kota Denpasar

Tempo

Nasional : Gedung DPR Di Sterilkan Setelah 15 Orang Positif Covid-19

Gedung DPRD masih ditutup lantaran ada 15 orang di lingkungan DPRD terpapar covid-19. Puluhan petugas Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) kembali menyemprot di sinfektan, Kamis (7/1).

“Giat ini telah berlangsung sekitar pukul 11.00 WIB tadi, dengan mengerahkan 35 petugas. Giat ini berlangsung selama empat hari, untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19,” ujarnya.

“Puluhan petugas ini, terbagi menjadi enam regu. Penyemprotan kali ini, terdapat tiga area yang disemprot. Gedung DPRD lama, gedung DPRD utama, dan halaman parkir DPRD DKI,” tandasnya Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi Gunawan.

Media Indonesia

Jawa Tengah : Tiga Desa Mengungsi Lantara Merapi Menuju Erupsi

Kepala Pelaksana Harian (Kalakha) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali meminta tiga kepala desa kembali ke lokasi pengungsian sementara yang sudah disediakan.

BACA JUGA  Rangkuman Berita Nasional 7 Januari 2021

“Ini mengacu pada surat BPPTKG (Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi) Yogyakarta yang menyebutkan situasi Merapi semakin meningkat. Sudah muncul lava pijar dan juga guguran awan panas. Karena itu warga usia rentan harus bersedia diungsikan lagi,” papar Kalakhar BPBD Boyolali, Bambang Sinungharjo, Kamis sore (7/1).

Sampai Kamis siang, lanjut Bambang Sinungharjo, 200-an pengungsi tinggal di TPS (tempat pengungsian sementara) Tlogolele. Sementara dua TPS yakni Klakah dan Jrakah di tinggalkan ratusan pengungsi sejak beberapa hari terakhir ini. Mereka pergi untuk merawat rumah dan bercocok tanam sayur di ladang.

“Tetapi dengan adanya peningkatan aktivitas vulkanis Merapi, maka petugas BPPTKG Jogjakarta sudah kami undang untuk memberikan sosialisasi terbaru. Dan tadi, pertemuan di Klakah, memberikan kesimpulan warga usia rentan di puluhan dusun KRB III, harus diungsikan kembali. Tiga kades harus mengerahkan kembali relawan desa untuk mengungsikan kembali warganya,” imbuh dia.

“Yang jelas dari sisi kesiapan logistik tidak ada masalah. Bahkan lokasi pengungsian permanen yang juga sudah disediakan pihak Desa Bersaudara. Kini tinggal bagaimana membawa warga KRB, khusus warga rentan usia turun kembali ke TPS yang ada,” Jelas Bambang.

Media Indonesia

Nasional : Tarif PLN Tidak Berubah Dari Periode Januari – Maret 2021

PT PLN (Persero) mengaku siap menjalankan penetapan pemerintah yang dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terkait tarif listrik non subsidi periode Januari hingga Maret 2021. Kementerian ESDM memutuskan 13 golongan pelanggan non subsidi tarifnya tetap atau tidak mengalami perubahan.

“Kami selalu siap menjalankan apa yang telah diputuskan oleh regulator. Dengan tidak naiknya tarif listrik ini harapannya dapat menjaga stabilitas dan daya beli masyarakat serta mendukung pemulihan ekonomi nasional di situasi pandemi Covid-19 ini,” ucap Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN, Agung Murdifi lewat keterangan resmi, Jum’at (8/1).

BACA JUGA  China : Team WHO Meragukan Covid-19 Terlepas Dari Laboratorium

Selain itu, pemerintah juga menyatakan tarif listrik untuk 25 golongan pelanggan bersubsidi lainnya tidak mengalami perubahan. Itu juga mencakup usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), bisnis kecil, industri kecil, dan kegiatan sosial.

Sesuai Peraturan Menteri ESDM Nomor 28 Tahun 2016 tentang Tarif Tenaga Listrik yang disediakan oleh PT PLN (Persero) sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 3 Tahun 2020, apabila terjadi perubahan terhadap realisasi indikator makro ekonomi yang dihitung secara tiga bulanan, maka akan dilakukan penyesuaian terhadap tarif tenaga listrik.

Kontan

Nasional : Abu Bakar Baasyir Bebas Murni, Hari Ini Tinggalkan LP Gunung Sindur

Usai dinyatakan bebas murni, Abu Bakar Baasyir segera meninggalkan Lembaga Pemasyarakatan (LP) Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat Jumat (8/1).

Sebelum rombongan keluar dari LP Gunung Sindur, beberapa kendaraan yang salah satunya merupakan keluarga dari Abu Bakar Baasyir itu masuk satu per satu ke areal LP tengah malam.

Putra Abu Bakar Baasyir, Abdul Rahim Baasyir, mengatakan tidak menyiapkan penyambutan secara khusus perihal kedatangan Abu Bakar Baasyir di Ngruki, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. “Kita memang tidak ingin ada penyambutan. Jadi kita juga tidak mau ada kerumunan masyarakat yang nanti malah memudaratkan (kerugian) orang banyak,” ungkap Abdul Rahim Baasyir di Bogor, Senin (4/1).

Media Indonesia

Nasional : Satgas Covid-19 Bentuk Bidang Perlindungan Tenaga Medis

Satgas Penanganan Covid-19 membentuk Bidang Perlindungan Tenaga Medis dan Tenaga Kesehatan. Menurut Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito hal ini bertujuan untuk meningkatkan keselamatan tenaga medis.

“Pembentukan bidan baru tersebut juga bertujuan untuk menurunkan penambahan angka kematian tenaga medis dan tenaga kesehatan akibat covid-19 dengan pendekatan promotif dan preventif, serta kuratif dan rehabilitatif melalui respons cepat,” kata Wiku dalam keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (7/1).

Saat ini sudah tercatat ada 237 dokter yang meninggal. Dimana tren dokter yang meninggal cenderung mengalami peningkatan dan terutama terjadi di Desember 2020.

Media Indonesia