Rangkuman Berita Nasional 5 Januari 2021

0
14
(Sumber Gambar : https://pixabay.com/)

1Guru Besar Unpad : keamanan vaksin Sinovac cukup baik

Advertisement

Media Indonesia | KETUA Tim Riset Uji Klinis Vaksin Covid-19 Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Kusnandi Rusmil memastikan keamanan vaksin Sinovac. Hal ini sekaligus menepis isu yang beredar. “Isu yang beredar vaksin begini, vaksin begitu, rasanya enggak. Indonesia dari dulu sudah biasa melakukan imunisasi (uji klinis vaksin), baik di puskesmas, di daerah, dan sebagainya,” ungkapnya seperti dikutip dari laman Unpad, Selasa (5/1).

Guru Besar Fakultas Kedokteran itu menjelaskan, selama 6 bulan uji klinis dilakukan, efek samping yang dirasakan sejumlah relawan hanya panas ringan dan sedikit demam. Efek tersebut pun sembuh dengan sendirinya dalam 2 hari. “Memang selalu ada efek sampingnya, tetapi selalu bisa kita atasi. Manfaat vaksin jauh lebih besar dari efek sampingnya,” tegasnya.

Tim riset uji klinis covid-19 Unpad sendiri sudah melakukan penyuntikan terhadap 1.620 subyek penelitian yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat. Total peserta yang melakukan pendaftaran uji klinis ini berjumlah 1.814 orang. Dari total pendaftar, pihaknya melakukan seleksi dengan cara menggelar tes rapid dan tes swab. Hasilnya terjaring 1.732 orang yang memenuhi persyaratan tahap pertama. Selanjutnya, tim melakukan seleksi lagi sehingga menghasilkan 1.620 orang. Proses penyuntikan pertama sudah dilakukan terhadap 1.620 orang. Namun, jumlah relawan berkurang menjadi 1.603 saat proses penyuntikan kedua dilakukan.

Kembali