Virus Corona, sebuah Peluang dan Ancaman bagi Indonesia !

0
167
Sumber Foto : https://www.pexels.com/

Semua orang takut akan kehadiran Virus Corona. Tetapi kita harus menyadari bahwa dibalik musibah akan selalu ada peluang untuk bangkit ! Tentu telah kita rasakan dampak dari Virus Corona yaitu memerahnya pasar keuangan Indonesia. Hal ini menjadi sebuah indicator perlambatan Ekonomi kedepannya. Semoga pemerintah mampu mempertahankan kestabilan ekonomi.

Kembali ke ancaman yang akan hadir akibat Virus Corona, berikut ancaman yang bisa kami susun dari riset sederhana yang Reaksi.id lakukan ;

  1. Ancaman Biologis

Sudah pasti ancaman virus menjadi momok utama bagi kita. Namun, kita harus memberikan tepuk tangan yang cukup meriah kepada jajaran pemerintah karena sejauh ini negara kita tidak tertular. Hal tersebut juga dimungkinkan karena kita terpisah laut dari daratan China. Dan kita cukup ketat untuk mengontrol Penerbangan Internasional.

  1. Ancaman Inflasi dan Ketiadaan Barang

Dari mainan anak sampai dengan baja untuk Gedung pencakar langit yang kita miliki ada yang dar China. Namun, terjadi perlambatan ekonomi di China akibat dari Virus Corona. China tidak akan terlalu fokus melakukan ekpor dan dampaknya adalah harga barang komoditas China akan naik. Walau belum bisa di prediksi komoditas yang akan mengalami pengaruh tersebut.

  1. Ancaman Krisis Finansial
BACA JUGA  Membuat Pembersih Tangan "Hand Sanitizer" di Rumah

Disadari bahwa IHSG memerah belakangan, beberapa analis mengatakan bahwa hal tersebut diakibatkan “kabur”-nya sejumlah Investor dari dalam negeri. Hal ini mengakibatkan ekonomi kita kekurangan modal usaha. Dan menjadi perlambatan pertumbuhan ekonomi, akibatnya adalah pengangguran akan meningkat kedepannya.

Wah ancamannya memang sedikit, tapi kalau dibayangkan cukup menyeramkan ya ? Lalu bagaimana peluang yang ditawarkan ?

  1. Mendorong Produksi Prodak Baku

Sebelumnya sudah saya jelaskan bahwa harga akan melonjak naik. Ketika harga melonjak, hal ini akan menguntungkan petani dan pengusaha dalam negeri. Karena produk yang mereka hasilkan akan laku dan terjual mahal di pasaran. Ketika petani dan industri kita terus memproduksi barang, maka otomatis pertanian dan Industri kita akan berkembang. Dan lambat laun akan menguatkan ekonomi kita yang awalnya lemah.

Memang dalam jangka pendek, kita akan kesulitan, hal tersebut layaknya ujian umat muslim yang dipimpin oleh Rasulullah SAW di perang parit. Dimana mereka mengalami kelaparan akibat pengepungan (kita sedang di kepung Virus Corona). Tapi sesudahnya, umat muslim menang dan menjadi lebih kuat, begitu pula dengan Indonesia.

  1. Mendorong Penghematan di Internal Masyarakat
BACA JUGA  Pemikiran Thomas Robert Malthus dan Pertumbuhan Populasi Masyarakat Kita

Ciri khas masyarakat Indonesia adalah konsumtif / boros. Tentu, dengan hadirnya cobaan ekonomi ini, akan terjadi kurangnya barang-barang dari luar negeri yang otomatis menurunkan konsumsi. Dalam jangka panjang hal ini akan menghilangkan sikap konsumtif kita.

  1. Menumbuhkan Nasionalisme

Kita bisa melihat dalam sejarah bahwa nasionalisme lahir ketika penjajah datang, G30S-PKI, Kriris Moneter 1998 dls. Semua hal tersebut muncul bersamaan dengan hadirnya sebuah “tantangan” yang menyatukan bangsa kita. Tantangan Ekonomi ini kelak akan menguatkan kita karena kita akan memiliki kesadaran untuk saling bahu-membahu dan melindungi satu sama lain.

 

Nah sekian peluang dan ancaman dari hadirnya Virus Corona bagi Indonesia. Semoga bermanfaat dan memotivasi para Milenials untuk mempertahankan, membangun dan memperjuangkan bangsanya. Sampai jumpa lagi …