Apa Arti Kata Ghosting? Bagaimana Pengunaannya?

0
146
Cewek galau kena ghosting
Unsplash / @joshrh19
Advertisement

Reaksi.id – Kata Ghosting menjadi kata dengan pencarian tertinggi di Google selama tahun 2020, mungkin karena kata ini banyak dipakai oleh kawula muda dalam menuliskan status-status galau mereka di sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan sebagainya. Lalu sebenarnya apa sih arti dari kata Ghosting ini? Ghost kan artinya hantu, masa iya artinya dihantui? Hii…

Ghosting Trending di Google Indonesia
Google Trend 2020 di Indonesia

Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) kita tidak / belum bisa menemukan arti dari kata ini, karena memang kata Ghosting ini merupakan Bahasa Gaul yang dipakai dalam keseharian saja. Bahasa Gaul sendiri biasanya dapat dari kata-kata yang di plesetkan, disingkat, atau bisa juga kata serapan dari bahasa asing. Nah kata Ghosting ini merupakan salah satu bahasa gaul yang merupakan serapan dari bahasa asing.

Lalu apa sebenarnya arti dari kata Ghosting? Jika kita menggunakan kamus Inggris, maka arti dari Ghosting ini adalah berbayang. Namun dalam penggunaanya di media sosial, kata ini tidak bermaksud berbayang, melainkan keadaan dimana gebetan / orang yang kita taksir tiba-tiba menghilang begitu saja tanpa penjelasan padahal sebelum-sebelumnya sering berkomunikasi. Ya, kata ini memiliki kedekatan makna dengan PHP atau Pemberi Harapan Palsu, karena biasanya orang-orang yang di-Ghosting ini sudah memberikan harapan terlalu tinggi kepada gebetannya.

BACA JUGA  Apa Arti Kata Gabut? Bagaimana Pengunaannya?

Jika kamu melakukan terjemahan kata di Google Translate pun juga akan mendapati hasil yang sama, yaitu Ghosting is the practice of ending a personal relationship with someone by suddenly and without explanation withdrawing from all communication, atau dalam bahasa Indonesia artinya Ghosting adalah praktik mengakhiri hubungan pribadi dengan seseorang dengan tiba-tiba dan tanpa penjelasan menarik diri dari semua komunikasi.

Contoh penggunaanya kata Ghosting dalam keseharian ataupun di Sosial Media:

Rena : Gimana tuh kabarnya sih Alex? Masih sering chattingan nggak?

Rini : Yah gitu dah, cowok kaya gitu mah, ghosting mulu kerjaanya.

Bagaimana sudah paham arti kata Ghosting kan? Jangan-jangan kamu pernah atau bahkan sedang kena Ghosting ini nih. Kalau sedang kena Ghosting ini, bisa juga dipakai dalam pembicaraan keseharian ataupun di sosial media loh, biar terkesan Gaul kan? Hehehe…

Advertisement
Advertisement