China : Xi Jinping Mengingatkan Pemimpin Global Untuk Tidak Memulai Perang Dingin Baru

China : Xi Jinping Mengingatkan Pemimpin Global Untuk Tidak Memulai Perang Dingin Baru

Presiden China Xi Jinping telah memperingatkan para pemimpin global agar tidak memulai “Perang Dingin baru” dan mendesak persatuan dalam menghadapi pandemi virus corona.

“Untuk membangun kelompok kecil atau memulai Perang Dingin baru, menolak, mengancam atau mengintimidasi orang lain … hanya akan mendorong dunia ke dalam perpecahan,” kata Xi di forum Davos yang serba virtual pada hari Senin.

Kata-kata itu tampaknya di tujukan pada rencana Presiden AS Joe Biden untuk merevitalisasi aliansi global untuk melawan pengaruh China. Biden, sibuk menangani beberapa krisis dalam negeri yang mendesak. Sehingga Biden tidak berpartisipasi di Davos dan menugaskan utusannya John Kerry untuk mewakili Washington.

Advertisements

Xi menganjurkan multilateralisme sebagai jalan keluar dari tantangan saat ini dalam pidato sekitar 25 menit. “Kita harus membangun ekonomi dunia yang terbuka… membuang standar, aturan dan sistem yang diskriminatif dan eksklusif, dan menghilangkan hambatan perdagangan, investasi dan pertukaran teknologi,” katanya.

G20 harus di perkuat sebagai “forum utama untuk tata kelola ekonomi global” dan dunia harus “terlibat dalam koordinasi kebijakan makroekonomi yang lebih erat”, tambahnya.

BACA JUGA  Zhang Zhan : Jurnalis Independen China Dihukum 4 Tahun Penjara

Komunitas internasional harus diatur sesuai dengan aturan dan konsensus yang dicapai oleh semua negara, bukan dengan satu atau beberapa perintah yang mengeluarkan, katanya, tanpa menyebut nama negara.

KATEGORI
TAGS
Share This

KOMENTAR

Wordpress (0)