China : China Menyetujui Masuknya Tim WHO

0
15
Ilustrasi Bendera China (Sumber Gambar unsplash.com)
Advertisement

China akhirnya memberikan akses masuk untuk para Tim Peneliti WHO. Tim Peneliti bertujuan untuk memasuki China pada awal Januari. Tetapi, China memblokir kedatangan mereka dan mengatakan visa belum di setujui.

Direktur jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, menyatakan kecewa ketika Tim tersebut di tolak masuk. “Saya sangat kecewa dengan berita ini, mengingat bahwa dua anggota sudah memulai perjalanan mereka. Dan yang lain tidak dapat melakukan perjalanan pada menit terakhir,” katanya.

Sejumlah negara, termasuk Australia, telah menyerukan penyelidikan tentang asal-usul virus tersebut. Setelah pernyataan Tedros, Kementerian Luar Negeri China mengatakan negara itu terbuka untuk kunjungan tetapi masih mengerjakan “prosedur yang di perlukan dan rencana konkret yang relevan”. Selain itu Kementerian Luar Negeri China menyebut penundaan itu sebagai “kesalahpahaman.”

Juru bicara PBB Stephane Dujarric mengatakan kepada wartawan di markas PBB di New York bahwa sekretaris jenderal, Antonio Guterres, “sepenuhnya mendukung upaya Dr Tedros dan WHO untuk menempatkan tim di sana.”

BACA JUGA  China : Team WHO Meragukan Covid-19 Terlepas Dari Laboratorium
Advertisement