RE-PODCAST: #ResensiBukuBagus E02 – Dua Buku Komunikasi Recommended Part 1

0
17
Advertisement

Kali ini redaksi akan membahas dua buku paling di rekomendasikan bagi kalian yang ingin berkomunikasi secara efektif. Kemampuan komunikasi sendiri sangat penting karena di pakai di berbagai profesi, dalam bermasyarakat, berkeluarga dan tentunya dalam mencari pasangan hidup.

Buku trend dan bagus yang akan kita bahas kali ini adalah buku Cara Berbicara Dalam Setiap Situasi karangan Emma Sargent & Tim Fearon

Profil Penulis Emma Sargent & Tim Fearon

Emma Sargent & Tim Fearon adalah Author, Speaker, Enterpreneur, Marketer dan Pelatih serta Praktisi Neuro Linguistic Program. NLP sendiri bertujuan untuk memperbaiki komunikasi, pengembangan diri dan psikoterapi. NLP percaya bahwa ada hubungan antara sel-sel otak (cara kerja otak), bahasa dan perilaku yang akan bersinergi untuk mencapai sebuah tujuan.

Sekelumit Isi Buku Cara Berbicara Dalam Setiap Situasi

Salah satu bagian dari buku ini membahas mengenati Teori Siklus Keyakinan. Siklus keyakinan adalah sebuah mata rantai yang terus berputar. Hal tersebut bisa di mulai menciptakan keyakinan, karena semua dimulai dari sugesti positif atau negatif mengenai perilaku kita. Lalu dilanjutkan dengan pikiran dst sampai perilaku dan konsekuensi.

BACA JUGA  Ayo Nongkrong Bermanfaat | Citizen 4.0

Buku ini juga sudah menyusun beragam formula atau rumus untuk mempermudah kita berkomunikasi. Salah satu formula yang menarik dari buku ini adalah Formula NICE (Name, Interest, Conclude dan Exit). Formula ini sangat tepat ketika kita berbicara dengan orang asing. Mengenal nama, minat, lalu menyimpulkan pribadi lawan bicara dan diakhiri penutup adalah sebuah rumus simpel. Tentu formula ini berguna ketika kita tertarik dengan lawan jenis dan ingin mengenalnya lebih jauh.

Advertisement

Formulasi lainnya adalah Formula menjalin simpati. Formula ini antara lain berisi CSP (Cocok, Selaras dan Pimpin). Pertama ketika kita ingin mendapatkan perhatian (simpati), kita harus mencocokan perilaku (sikap tubuh, mimik wajah dan intonasi suara). Lalu kita selaraskan kondisi emosional dan perasaan mereka. Jika kita sudah merasa selaras, selanjutnya kita pimpin lawan bicara kita kearah pembicaraan yang kita inginkan.

Masih banyak teori, trik dan formula yang di tawaran dalam buku ini. Secara garis besar, buku ini menawarkan kita cara praktis berkomunikasi dengan membangun persepsi internal. Karena NLP sangat erat kaitannya dengan persepsi pikiran kita. Buku ini sangat cocok bagi kawan-kawan yang berkecimpung dalam dunia pemasaran. Karena dalam dunia pemasaran, terdapat dinamika perkenalan dengan orang asing dan mengarahkannya untuk mengikuti keinginan kita.

BACA JUGA  Membuat Pembersih Tangan "Hand Sanitizer" di Rumah

RE-PODCAST: #ResensiBukuBagus E02

Buku ini telah di bahas dalam RE-PODCAST: #ResensiBukuBagus E02. Dalam Podcast kali ini kami membahas dua buku sekaligus yaitu buku Cara Berbicara Dalam Setiap Situasi karangan Emma Sargent & Tim Fearon dan Berbicara itu Ada Seninya karangan Oh Su Hyang. Penjelasan resensi lebih detail dan perbandingan kelengkapan buku dapat mendengarkan RE-PODCAST: #ResensiBukuBagus E02.

 

Advertisement