5 Aktivitas Sehari-hari Yang Merusak Earphone

0
103
AdvertisementKontak Kami

Earphone atau ada juga yang menyebutnya In-Ear Headphone, merupakan salah satu aksesoris wajib bagi para Milenial dan Generasi Z. Bagaimana tidak? Hampir setiap waktu aksesoris ini pasti menempel pada Android atau iPhone, yang biasanya digunakan untuk bermacam hal seperti menelpon doi, dengerin lagu-lagu favorit di Spotify, nonton video Youtube, atau bahkan bermain game seperti Mobile Legends.

Karena sering dipakai itulah, yang membuat aksesoris satu ini menjadi barang yang mudah sekali rusak. Kadang rusak sound sebelah kanan, kadang rusak sound sebelah kiri, dan sering kali rusak pada bagian kabel jack yang menghubungkan earphone dengan HP.

Nah kali ini Kobar.id mau kasih beberapa tips nih, buat kamu yang sering rusak earphonenya. Semoga setelah menjalankan tips-tips ini, Earphone kamu bisa awet ya, dan enggak ganti-ganti lagi setiap minggunya karena alasan rusak.

1. Jangan Dipakai Untuk Tidur

Photo by Rene Asmussen from Pexels

Kesalahan pertama yang sering dilakukan orang-orang adalah menggunakan Earphone saat akan tidur, yang akhirnya ketika tidur earphone masih tetap terpasang ditelinga. Padahal ketika kita tidur, tubuh pastinya dalam kondisi tidak sadar, dan sering kali tubuh akan mencari posisi yang nyaman. Dengan begitu dapat membuat kita tidak sengaja menarik kabel Earphone secara paksa, ataupun menindih Earphone, yang pastinya dapat merusak Earphone lama-kelamaan.

Jadi cara pertama adalah jangan gunakan Earphone saat akan tidur, lebih baik gunakan loudspeaker jika memang dibutuhkan instrumen ketika tidur. Lagipula saat sudah tertidur lebih baik tidak ada suara-suara lagi, untuk itu menggunakan Loudspeaker dan timer adalah pilihan yang tepat untuk kamu yang butuh instrumen atau lagu pengiring tidur.

2. Jangan Dipakai Berkendara Motor

Photo by steelfish from Pixabay

Kesalahan kedua yang sering dilakukan adalah menggunakan Earphone saat berkendara motor. Biasanya hal ini dilakukan untuk mendengarkan lagu-lagu saat mengendarai sepeda motor, mendengarkan arahan dari Google Maps, atau bahkan ada juga yang menggunakannya untuk menerima telepon di perjalanan!

AdvertisementKontak Kami

Menggunakan Earphone seperti ini mungkin sudah dianggap hal yang wajar bagi beberapa orang, namun hal tersebut merupakan salah satu penyebab dari banyaknya Earphone yang rusak! Rusaknya tuh karena terkena tekanan dari helm, yang bisa membuat salah satu atau kedua sound Earphone kamu mati. Selain itu menggunakan Earphone saat berkendara sepeda motor sangat berbahaya loh guys, bisa membuat kamu tidak fokus atau tidak mendengar klakson atau tanda-tanda dari kendaraan sekitar. So, mulai sekarang kurang-kurangin deh atau bahkan nggak usah pakai Earphone lagi kalo naik sepeda motor.

BACA JUGA  Indonesia Baru Saja Meluncurkan Satelit Nusantara Satu

3. Jangan Meletakannya Sembarangan

Photo by Sabri Tuzcu on Unsplash

Selanjutnya adalah kebiasaan meletakan Earphone sembarangan. Biasanya sih ini berlaku untuk orang-orang yang males menempatkan barang-barang di tempat yang tidak seharusnya, misalkan meletakannya di atas lantai, di atas karpet, di atas sofa, atau bahkan ada yang meletakannya di atas kasur.

Tempat-tempat seperti diatas bukanlah tempat yang cocok untuk barang yang mudah rusak seperti Earphone, karena bisa saja kedudukan, terinjak, atau bahkan tidak sengaja dipindahkan ke tempat lain. So, setelah menggunakan Earphone jangan diletakan sembarangan ya. Mungkin bisa diletakan diatas meja atau bahkan tempat khusus seperti punch lebih baik.

4. Jangan Dipakai Sambil Jalan

Photo by StockSnap on Pixabay

Berikutnya adalah menggunakan Earphone untuk aktivitas-aktivitas luar ruangan yang banyak bergerak, seperti jogging, lari, atau bahkan hanya sekedar jalan santai biasa. Mungkin hal ini hanya untuk Earphone kabel saja, karena kerusakan dari penggunaan seperti ini adalah berpengaruh terhadap kabel Earphone. Jadi kalau kamu mau olahraga sambil mendengarkan musik, Earphone Bluetooth merupakan pilihan yang tepat.

5. Jangan Dibawa Ke Kamar Mandi

Photo by Tim Mossholder from Pexels

Yang terakhir ini mungkin agak aneh, tapi yang pasti ada aja yang melakukannya. Yaitu membawa Earphone kedalam kamar mandi! Aktivitas seperti ini juga bisa merusak Earphone kamu loh. Earphone kamu sangat mungkin sekali untuk terkena percikan air kamar mandi, atau mungkin bisa juga jatuh kedalam kloset. Lagian buat dengerin apaan sih pake bawa Earphone segala ke kamar mandi? Hmm..

AdvertisementKontak Kami

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.