Restika Trimayda – Pengalaman Memulai Bisnis Saat Pandemi

0
28
Wawancara Bersama Restika
Advertisement

Beberapa orang menjadikan kehadiran pandemi sebagai halangan dalam memulai bisnis. Namun, Restika menjadikan pandemi sebagai peluang untuk memasuki dunia bisnis. Kondisi modal yang terbatas membuatnya memilih untuk menekuni bisnis reseller prodak. Mari bersama-sama menyimak dinamika berbisnis ala reseller bersama dengan @liefa.id.

Bagi Restika, dunia perdagangan sudah tidak asing karena ia telah bersentuhan dengan dunia ini semenjak kelas 5 SD. Saat itu ia membantu ibunya berjualan tahu bandung, nasi kuning dls. Lalu ia lanjutkan kegiatan berjualannya hingga ke kelas 10 SMA. Sewaktu SMA, ia berjualan nasi kuning dan roti panggang buatan ibunya.

Membuat Saluran Online Shop

Berbekal kemampuan komunikasi pemasaran yang ia dapatkan dalam perkuliahan, Restika mulai berfokus untuk berbisnis online pada 29 Juni 2020. Ia menggunakan nama brand @liefa.id yang berasal dari nama adiknya. Nama brand tersebut cukup sederhana dan memiliki filosofis berupa kepedulian dan kecintaan terhadap keluarganya.

Ternyata tidak selalu sulit untuk memulai sebuah bisnis. Restika mampu membangun konten yang bagus di akun IG dan Shoppenya @liefa.id walau berbekal sedikit pengalaman dalam dunia desain dan pemasaran.

BACA JUGA  Menjadi Seorang Entrepreneur / Pengusaha | EnterPreneur

Fokus Produk, Pasar dan Fleksibilitas

Kunci memulai bisnis Restika adalah fokus produk dan fleksibilitas. Semenjak awal ia sudah mentarget untuk memasarkan prodak perlengkapan sekolah. Namun, ia segera membanting setir menjual makanan setelah menyadari bahwa belajar online masih terus berlangsung beberapa bulan kedepan. Kepekaan tersebut menghasilkan fleksibilitas yang membuatnya responsif terhadap kondisi lapangan.

Bakso Aci
Menu Andalan Bakso Aci

Menyadari prodak yang unggul juga menjadi kunci penjualan resellernya. Restika menyadari bahwa penjualan prodak Bakso Aci menjadi “primadona” dalam bisnisnya. Keunggulan dari rasa dan momentum ketika musim hujan menjadi kekuatan tersendiri untuk memenangkan hati para pelanggannya. Ia juga mematok prodaknya dengan harga terjangkau (dibawah Rp 50.000) karena mentarget segmen anak muda.

Advertisement
Menu Paling
Kemudahan Menyiapkan Bakso Aci

Promo juga menjadi kunci kegiatan pemasaran. Promo ini sering @liefa.id selenggarakan, salah satunya promonya adalah gratis biaya pengiriman ke wilayah Jabodetabek. Saat ini @liefa.id juga menyelenggarakan promosi berupa gratis biaya pengiriman hingga 31 desember 2020. Pembaca yang tertarik untuk berbelanja cemilan dan makanan ringan dapat mengunjungi @liefa.id di :

BACA JUGA  Mahalnya Konsentrasi di Era 4.0 | Generasi Zet

Instagram: https://www.instagram.com/liefa.id

Shopee: https://shopee.co.id/liefa.id

Penutup

Diakhir wawancara dengan Reaksi.id, Restika berpesan untuk memulai bisnis ketika memiliki niat. “Kalau kalian sudah punya niat, harus dilakuin. Karena kalau kebanyakan mikir juga malah gak jadi. Disaat kalian punya niat, diriset lalu dilakuin.” Ia juga memotivasi bagi pembaca yang tengah berbisnis untuk tetap konsisten, “Kalau kalian capek itu boleh, tapi jangan sampe nyerah.”

Berikut wawancara Reaksi.id bersama Restika (founder @liefa.id) :

Advertisement