Leading In Crises by Rhenald Kasali | Resensi Buku Bagus

0
25
Advertisement

Kali ini team Reaksi Indonesia akan mereview buku yang menarik dari Prof. Rhenald Kasali berjudul Leading in Crises yang diterbitkan Maret 2021. Buku ini sangat menarik, terutama bagi teman-teman yang memimpin usaha, mengelola usahanya sendiri atau memimpin tim kecil start-up.

Okay tanpa berlama-lama mari kita membahas point-point penting dan menarik dalam buku ini.

  • Pada kata pengantar di halaman vi, disampaikan bahwa pada masa krisis kita harus merubah arah fokus kita yang awalnya fokus kepada Growt dan Inovasi menjadi fokus kepada menjalankan Roda Bisnis yang lebih Efektif dan Efisien. Namun, sebagai pemimpin ada empat hal yang perlu dimiliki yaitu Mengambil Keputusan dengan Cepat, Melakukan Adabtasi dengan Tepat, Mendorong Tangung Jawab dan Memperkuat ikatan didalam tim.
  • BAB 1 buku ini banyak berfokus kepada permasalahan Pelayanan Kesehatan di Indonesia yang masih cenderung Liberal.
  • BAB 2 buku ini membahas masalah kultur dan menunjukan bahwa kultur amatlah penting bagi perubahan dan bertahan di masa krisis. Kultur yang harus di rubah adalah kultur yang berakar dari Fixed Mindset dan merubahnya kepada Growth Mindset.
  • BAB 3 buku ini membahas cara membangun Integritas. Ketika ingin merubah perusahaan, kinerja dan kultur dari satu persatu orang di Organisasi perlu di benahi, bukan hanya berhenti pada gagasan besar dan slogan besar. Dalam studi kasus BPJS, BPJS dengan berani mengungkap Fraud (kecurangan) yang terjadi di BPJS. Keterbukaan atas masalah dan komitmen untuk memperbaiki hal tersebut adalah hal yang membuat BPJS bisa dipercaya. Sehingga, BPJS mampu membangun integritas (sama antara perkataan dan perbuatan) bahwa mereka akan mengelola dana dengan baik, serta mendapat kepercayaan publik kembali.
  • BAB 4 buku ini berfokus pada pemanfaatan Sistem Big Data untuk memberikan inovasi dalam tubuh BPJS.
  • BAB 5 buku ini membahas permasalahan adaptasi, bahwa organisasi yang baik adalah organisasi yang adaptif dan inovatif. Di jelaskan pula bahwa pemimpin yang inovatif adalah pemimpin yang bergerak dari Ide, Roadmap dan Eksekusi di lapangan. Pemimpin juga harus melihat dari Helicopter View dan Submarine View untuk mendapatkan insight atau ide.
  • BAB 6 buku ini berfokus membahas penggunaan digitalisasi untuk merampingkan sistem di BPJS yang mungkin bisa menjadi inspirasi teman-teman membangun usaha.
  • BAB 7 buku ini menceritakan transformasi BPJS menjadi BUMN Unicorn.
  • BAB 8 buku ini menceritakan bagaimana kita menyemai bibit inovasi, terutama proses menggali Ide dan menafsirkan data-data yang ada secara tepat.
  • BAB 9 buku ini menceritakan kesuksesan BPJS bahkan di akui kinerjanya secara Internasional.
  • BAB 10 berisi motivasi terhadap teman-teman untuk terus berinovasi atau menemui akan membiarkan perusahaan teman-teman menemui kematiannya di kemudian hari.
BACA JUGA  RE-PODCAST: #ResensiBukuBagus E01 - Resensi Buku How Democracies Die

Demikianlah gambaran buku Resensi Buku Bagus kali ini. Secara keseluruhan, buku ini benar-benar menarik. Silahkan teman-teman membaca, buku ini bermanfaat, terutama bagi teman-teman yang suka dengan bidang Entrepreneurship.

Advertisement