Jangan Berjudi, Gatcha dan Mempertaruhkan Nasib | Citizen 4.0

0
23
Sumber Gambar : pixabay.com
Advertisement

Perjudian, sudah banyak di sadari dampak negatifnya. Namun, perjudian yang tradisional berkembang seiring waktu hingga sulit kita sadari bentuknya. Perjudian memiliki ciri-ciri :

  • Bersifat pengundian dengan probabilitas rendah
  • Ada pihak yang selalu di untungkan selaku bandar
  • Menggunakan taruhan berupa uang atau sejenisnya

Game Gatcha

Saat ini banyak game online yang menawarkan sistem karakter, senjata dan hal-hal selainnya dengan model Gatcha atau di dapatkan dengan cara undian. Gatcha sendiri termasuk dalam perjudian ringan, karena kita mengundi apa yang kita miliki untuk mendapatkan karakter yang kita inginkan.

Mungkin kita tidak merasa rugi karena kita hanya mengumpulkan Point dengan menamatkan misi. Dengan dengan point tersebut kita bisa Meng-Gatcha karakter. Mungkin teman-teman tidak merasa rugi, karena menggunakan point dari misi dan tidak menggunakan uang. Padahal, untuk mengumpulkan point tersebut, kita menghabiskan waktu. Dan waktu bernilai uang, ingat peribahasa “Waktu adalah Uang?” Sehingga, sebenarnya point tersebut secara tidak langsung bernilai uang.

Kalau teman-teman tidak percaya. Secara riel teman-teman bisa lihat sendiri kalau akun game dengan banyak karakter Rare akan mahal jika di jual. Sehingga Point-point dan undian karakter itu sebenarnya layaknya perjudian, namun karena tidak menggunakan uang nyata, bisa disebut perjudian ringan.

BACA JUGA  RE-PODCAST: #ResensiBukuBagus E02 - Dua Buku Komunikasi Recommended Part 2

Penjelasan Dunia Keuangan (Saham, Valas dan Cripto)

Lalu saat ini juga banyak dari teman-teman yang tergiur masuk ke dunia Saham atau Cripto Curency. Banyak teman-teman yang masuk ke dunia itu, namun tidak memahami ilmu Investasi. Teman-teman hanya bermodalkan nekat dan berharap nasib baik agar saham dan uang kripto yang dibeli bisa naik. Efeknya bukan untung, tapi malah banyak dari teman-teman uangnya “nyangkut” ramai-ramai.

Walau dunia saham dan Kripto terbuka untuk semua orang, rata-rata Investor yang sukses adalah mereka yang bermain di angka besar, bisa dua digit keatas. Bahkan tidak jarang bermain milyaran. Memang ada yang mampu merintis dari kecil, namun mereka memahami Ilmu Investasi dan perhitungan matematisnya. Sehingga mereka bisa membaca permainan para pemain besar dan mengantisipasinya.

Advertisement

Investasi Diri

Sangat disayangkan jika teman-teman dimasa muda menghabiskan waktu untuk bermain game demi mengumpulkan point agar bisa Gatcha. Bahkan juga sangat disayangkan jika teman-teman yang masih muda, menggunakan uang yang teman-teman miliki untuk bermain Saham dan Kripto. Padahal waktu dan uang tersebut sangat berharga untuk teman-teman gunakan mengembangkan Skill.

BACA JUGA  Restika Trimayda - Pengalaman Memulai Bisnis Saat Pandemi

Ikutilah pelatihan-pelatihan, komunitas, organisasi yang menunjang karir teman-teman. Teman-teman juga bisa membeli aset yang produktif sesuai dengan karir teman-teman.f.

Investasi Saham dan Kripto banyak di lakukan oleh para pengusaha yang sudah memiliki usaha Riel. Bahkan banyak dari mereka bermain saham unuk dapat menguasai perusahaan tertentu. Sehingga bijaklah dalam mengambil keputusan, jangan suka mempertaruhkan nasib dan berinvestasilah dalam menggunakan waktu dan uang yang kita miliki.

Advertisement