Frustasi Eksistensi Anak Muda | Generasi Zet

0
26
Advertisement

Pertanyaan besar ketika kita memasuki masa remaja dan menuju dewasa adalah

Siapa saya?
Mengapa saya ada?
Kemana saya harus pergi?

Pertanyaan ini berkaitan dengan eksistensi diri. Eksistensi diri ini berbicara alasan keberadaan kita. Pertanyaan ini adalah hal yang mendasar bagi setiap orang.

Beberapa orang, mungkin gagal dalam pencarian Eksistensi Dirinya. Mereka menyandarkan Ekesitensi mereka atas Materi, Harta, Barang-barang. Beberapa dari mereka menyandarkan atas status, kepangkatan dan jabatan. Mungkin pula ciri fisik seperti kecantikan atau ketampanan.

Mereka menyandarkan Ekistensi mereka kepada hal yang bisa menghilang begitu saja; Materi dapat habis, Jabatan dapat di lepas, Status dapat hilang dan Rupa dapat dimakan usia

Frustasi Eksistensi

Siapa kita?

Jangan dijawab dengan apa yang kita miliki. Tapi jawablah dengan karya yang bisa kita hasilkan. Karena yang kita miliki akan hilang, sementara karya akan terus dikenang.

Jikalau memang belum memiliki, maka belajarlah sepenuh hati. Buatlah karya yang bermanfaat, hingga diri kita dikenang oleh masyarakat. Bukan karya berupa sebuah lelucon basi, tetapi karya yang padat isi dan manfaat.

Advertisement
BACA JUGA  Mencari Passion | Generasi Zet

Mengapa Saya ada?

Ingatlah bahwa setiap manusia memiliki sebuah misi, di berikan oleh Ilahi Robbi. Memakmurkan bumi dan memelihara kedamaian, serta bahu membahu menciptakan pembangunan.

Manusia bukanlah mahluk yang gemar memercik darah, karena itu Tuhan yakin dan memberi amanah. Maka ingatlah misi ini, sampai kita berpulang kembali.

Kemana Saya harus pergi?

Hidup ini adalah petualangan, diwarnai pertemuan dan perpisahan. Teruslah bergerak dan bertemu orang banyak. Lalu teruslah mencari dan belajar tanpa henti. Kenalah orang-orang baru, dapatkanlah banyak ilmu.

Jangan takut jikalau harus pergi jauh, karena pasti ada jalan kembali. Lepaskan sauh dan ikuti arah angin meniup. Teruslah berlayar ditengah samudera hidup.

Afterword

Teman-teman, teruslah berkarya dan dikenal atas karya kita. Ingatlah bahwa kita memiliki misi,

  • Pertama, untuk mengabdi kepada ilahi.
  • Kedua, untuk mengelola dan memeliharas seisi bumi

Maka carilah jati diri teman-teman. Berpetualanglah dan kenal orang-orang baru. Bergeraklah dan cari sebanyak-banyaknya ilmu. Kumpulkan semua potongan puzzle hidup mu. Hingga nanti akan menjadi sebuah gambaran besar, yang menggambarkan siapa diri mu kelak.

BACA JUGA  Leading In Crises by Rhenald Kasali | Resensi Buku Bagus

Advertisement