Berkawan Dengan Semua Orang, Tapi Perlu Memilih Sahabat | Citizen 4.0

0
41
Sumber Gambar : pixabay.com
Advertisement

Tingkat Kedekatan Orang

Awalkali kita bahas dulu bahwa ada tingkatan kedekatan seseorang yaitu sebagai berikut:

  1. Pertama, Kenal, yaitu kita tahu tentang seseorang. Misalnya ktia mengenal semua wajah dan nama teman dikelas, rekan kerja atau tetangga. Tetapi, kita tidak memhami kepribadian mereka.
  2. Kedua, Teman, yaitu kita memahami kepribadian dan minat mereka. Namun, kita membatasi hal-hal pribadi.
  3. Ketiga, Sahabat, yaitu kita memahami Kepribadian, Latar Keluarga dan senang tiasa berbagi mengenai pemasalahan dengan mereka. Batasan pribadi sudah mulai cair.

Lalu, kita bahas dulu kriteria sahabat yang baik dan benar, yaitu sebagai berikut:

  1. Pertama, Sahabat haruslah memiliki minat atau passion yang sama dengan mu. Karena kalian bisa saling mendukung dan berkompetisi untuk bertumbuh.
  2. Kedua, Sahabat haruslah mereka yang selalu ada untuk mengkritik dan membenarkan kesalahan mu. Bukan melegitimasi dan mendukung keburukan yang kamu lakukan.
  3. Ketiga, Sahabat haruslah mereka yang memiliki akhlaq luhur. Jangan pernah jadikan seseorang yang memiliki gelagat penghianat sebagai sahabat. Jika kamu pernah menitipkan suatu rahasia, lalu di bocorkan, maka putuskanlah hubungan persahabatan mu. Karena orang seperti itu hanya akan menyakiti mu dikemudian hari.
  4. Keempat, Sahabat haruslah membantu kamu menghadapi kesulitan, bukan membantu kamu lari dari masalah. Sahabat memberikan pemecahan, memberikan perspektif baru dan sebisa mungkin mendukung kamu secara emosional.
BACA JUGA  Temukan Kuncinya | EnterPreneur

Berkawan dengan Semua Orang namun Selektif dalam Bersahabat

Dalam dunia Karir, tentu kita perlu banget dengan yang namanya Jaringan. Bener juga perkataan bahwa untuk sukses kita perlu kerja keras, doa dan orang dalam. Dalam urusan pertemanan, kita tidak perlu memandang Suku, Agama, Pendidikan atau Tingkat Ekonomi.

Namun, kita perlu selektif mengenai sahabat. Pilih kriteria yang memenuhi syarat menjadi seorang sahabat yang baik. Kalau kamu belum menemukan, maka main kamu kurang jauh. Hijrah dari lingkungan yang buruk, cari lingkungan yang baik dengan sahabat yang baik pula.

Sahabat yang buruk bisa membuat kamu terkena dampak negatif, beberapa dampak tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, mereka menghabiskan waktu kamu untuk hal yang tidak produktif.
  2. Kedua, mereka bisa membuat kamu memendam bakat dan potensi kamu untuk sukses.
  3. Ketiga, mereka yang memiliki keburukan akan menularkan keburukannya kepada diri kamu.
  4. Dan terakhir, mereka akan menyeret kamu untuk gagal bersama mereka.

Jadi, berkawanlah dengan siapapun dan bangunlah jaringan seluas-luasnya. Tetapi, urusan persahabatan tetap harus selektif.

Advertisement
BACA JUGA  Ayo Nongkrong Bermanfaat | Citizen 4.0

Advertisement