Membuat Pembersih Tangan “Hand Sanitizer” di Rumah

0
59
unslpash.com @kellysikkema
Sumber: https://unsplash.com/photos/WIYtZU3PxsI

Beberapa pembersih tangan komersial yang di jual di pasaran, mengandung bahan-bahan yang dapat membunuh bakteri dan virus untuk melindungi kamu. Namun sayangnya akhir-akhir ini pembersih tangan (hand sanitizer) ini menjadi langka di pasaran, dan meskipun ada biasanya di jual dengan harga yang sangat tinggi. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena ternyata kita bisa membuat pembersih tangan (hand sanitizer) ini dengan bahan-bahan yang dapat kita temu dengan mudah di sekitar kita loh. Mau tau cara pembuatannya? Yuk kita mulai!

Bagaimana Cara Kerja Pembersih Tangan (Hand Sanitizer)?

Bahan aktif dalam resep pembuatan pembersih tangan (hand sanitizer) ini adalah alkohol, yang perlu mengandung paling tidak 60% alkohol agar menjadi desinfektan yang efektif. Resep ini membutuhkan 99% isopropil alkohol (alkohol gosok) atau etanol (alkohol butiran, paling umum tersedia pada 90% -95%). Harap jangan menggunakan alkohol jenis lain (mis., Metanol, butanol), karena beracun. Selain itu, jika kamu menggunakan produk yang mengandung persentase alkohol yang lebih rendah (mis., 70% alkohol) maka kamu perlu meningkatkan jumlah alkohol dalam resep itu atau itu tidak akan seefektif itu.

BACA JUGA  2021 WhatsApp Tidak Bisa Digunakan Pada Android dan iOS Lawas

Minyak Esensial pada Pembersih Tangan (Hand Sanitizer)

Selain menambahkan pewangi pada pembersih tangan (hand sanitizer) nantinya, minyak esensial yang kamu pilih juga dapat membantu melindungi kamu dari kuman loh. Misalnya, minyak thyme dan cengkeh memiliki sifat antimikroba. Jika kamu menggunakan minyak antimikroba, gunakan hanya satu atau dua tetes, karena minyak ini cenderung sangat kuat dan dapat mengiritasi kulit kamu. Minyak lain, seperti lavender atau chamomile, dapat membantu menenangkan kulit kamu.

Bahan-bahan Pembuatan Pembersih Tangan (Hand Sanitizer)

Peralatan / Alat

  1. Mangkuk dan sendok
  2. Corong
  3. Botol dengan dispenser pompa

Bahan-bahan

  1. 2/3 gelas 99% alkohol gosok (isopropil alkohol) atau etanol
  2. 1/3 cangkir gel lidah buaya (aloe vera)
  3. 8 hingga 10 tetes minyak esensial (opsional)

Langkah Pembuatan Pembersih Tangan (Hand Sanitizer)

  1. Masukan alkohol 99% kedalam 2/3 wadah mangkuk yang telah disediakan.
  2. Kemudian masukan 1/3 aloe vera kedalam wadah mankuk yang sama, sehingga wadah atau mangkuk menjadi penuh.
  3. Bila dibutuhkan bisa memasukan 8 hingga 10 tetes minyak esensial untuk menutupi aroma yang kuat dari alkohol.
  4. Setelah itu aduk semua bahan dalam wadah atau mangkuk tersebut.
  5. Setelah tercampur dengan rata, maka dapat pindahkan seluruh bahan kedalam botol dengan dispenser. Jangan lupa menggunakan corong untuk memudahkannya dan tidak tumpah-tumpah.
  6. Pembersih tangan (hand sanitizer) siap digunakan.

BACA JUGA  Kebutuhan Tertunda dan Keinginan Hiburan

Video Pembuatan

Apakah Pembersih Tangan (Hand Sanitizer) Ini Efektif dan Aman?

Jawabannya adalah iya, efektif untuk membutunuh kuman dan bakteri, serta aman untuk kulit. Pembersih tangan (hand sanitizer) yang efektif membunuh kuman penyakit dan aman untuk kulit adalah yang mengandung setidaknya 60% alkohol dan pelembab kulit. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memiliki panduan mengenai proses pembuatan pembersih tangan (hand sanitizer) ini. Kamu bisa membaca dan mengikutinya disini.