Apa Arti Kata Gabut? Bagaimana Pengunaannya?

0
90
Orang Tidur
Unsplash.com / Adrian Swancar (@a_d_s_w)
Advertisement

Reaksi.id – Kata Gabut menjadi kata dengan pencarian tertinggi kedua di Google selama tahun 2020 setelah kata Ghosting, mungkin karena kata ini banyak dipakai oleh kawula muda dalam menuliskan status-status galau mereka di sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan sebagainya. Lalu sebenarnya apa sih arti dari kata Gabut ini? Apakah Gabut singkatan dari Gagal Ngebut? Lahhh hahaha…

Gabut Trending di Google
Google Trend 2020

Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) kita tidak / belum bisa menemukan arti dari kata ini, karena memang kata Gabut ini merupakan Bahasa Gaul yang dipakai dalam keseharian saja. Bahasa Gaul sendiri biasanya dapat dari kata-kata yang di plesetkan, disingkat, atau bisa juga kata serapan dari bahasa asing. Nah kata Gabut ini merupakan salah satu bahasa gaul yang merupakan singkatan dari kata-kata.

Lalu apa sebenarnya arti dari kata Gabut? Arti gabut merupakan kependekan dari gaji buta. Istilah ini sudah ada sejak lama dan dipakai banyak orang. Gaji buta dapat didefinisikan sebagai seseorang yang bekerja namun tidak melaksanakan tugas-tugasnya tapi tetap menerima gaji, jadilah dinamakan gaji buta atau disingkat menjadi gabut.

BACA JUGA  Kebutuhan Tertunda dan Keinginan Hiburan

Secara arti sebenarnya Gabut merupakan Gaji Buta, namun dalam penggunaan anak-anak gaul milenial dan generasi z, Gabut diartikan sebagai seseorang yang tidak melakukan aktivitas apapun dan bingung ingin melakukan apa.

Contoh penggunaanya kata Gabut dalam keseharian ataupun di Sosial Media:

Rio : Dan lagi ngapain lu?
Wildan : Lagi gabut gue nih, ngapain kek yuk, bosen gue nih.

Bagaimana sudah paham arti kata Gabut kan? Jangan-jangan kamu pernah atau bahkan sedang Gabut saat ini nih. Kalau sedang Gabut, bisa juga dipakai dalam pembicaraan keseharian ataupun di sosial media loh, biar terkesan Gaul kan? Hehehe…

Advertisement
Advertisement