Rangkuman Berita Nasional 7 Januari 2021

0
119
Kantor Lembaga Molekuler Biologi Eijkman (Sumber http://www.eijkman.go.id/)
Advertisement

Nasional : Vaksin Merah Putih Sudah 60%

Lembaga Biologi Molekuler Eijkman mengatakan pengembangan vaksin covid-19 ‘Merah Putih’ sudah mencapai kemajuan 60% dari skala laboratorium. “Kalau dihitung persentasenya sekitar 60 persen ya dalam arti kita masih dalam proses untuk mengisolasi dan mengkarakterisasi protein rekombinan yang sudah kami desain, itu akan dihasilkan oleh sel mamalia maupun sel ragi,” kata Kepala Eijkman Amin Soebandrio kepada Antara, Jakarta, Rabu (6/1).

Amin menuturkan sesuai dengan jadwal yang sudah direncanakan, bibit vaksin Merah Putih akan diserahkan ke PT Bio Farma dalam kurun waktu hingga Maret 2021. Vaksin Merah Putih yang dikembangkan Eijkman berbasis subunit protein rekombinan dan menggunakan isolat virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 yang bersirkulasi di Indonesia.

Amin mengatakan jika protein rekombinan berhasil diperoleh dari sistem ekspresi, maka dapat dilanjutkan ke tahap uji praklinis pada hewan. “Setelah (mengisolasi dan mengkarakterisasi protein rekombinan) itu selesai maka akan dilakukan uji pada hewan dan setelah itu baru diserahkan ke Bio Farma,” tuturnya.

Media Indonesia

Nasional : Influencer Yang Mempromosikan Saham Memiliki Tanggung Jawab Moral

sejumlah influencer mulai ramai mempromosikan sejumlah saham di media sosial. Beberapa influencer yang turut serta meramaikan promosi saham di antaranya Raffi Ahmad, Ari Lasso, dan Ustaz Yusuf Mansur.

Atas hal tersebut, Direktur Perdagangan dan Penilaian Anggota Bursa Efek Indonesia (BEI) Laksono Widodo mengatakan, pihaknya akan mengajak para influencer untuk berdiskusi mengenai promosi sejumlah saham. “Kami akan mengajak diskusi para influencer ini. Di satu pihak kami menyambut positif influencer seperti mereka,” ujar Laksono dalam keterangan tertulis yang diterima oleh Media Indonesia, Rabu (6/1).

Advertisement
BACA JUGA  Jawa Timur : Lumpur Lapindo Mengandung Komponen Logam Mobil Listrik

Laksono menambahkan, “juga perlu mengingatkan mereka akan tanggung jawab moral mereka untuk para followers dan kemungkinan potensi tuntutan hukum dari para pengikutnya apabila ada yang bisa dikecewakan. Kami juga mengajak mereka ikut Sekolah Pasar Modal bagi yang belum pernah

Selain itu, putra bungsu Presiden Joko Widodo juga pernah menyebut nama saham salah satu perusahaan milik Negara, yakni PT Perusahaan Gas Negara Tbk. Kaesang juga membagikan cuitan yang berisi tangkapan gambar (screen shoot) pergerakan saham PGAS dan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM).

Media Indonesia dan Kontan

DKI Jakarta : Jakarta Mencapai Rekor Tertinggi Nasional dan Harian

Pemprov DKI Jakarta melaporkan penambahan kasus baru covid-19 hari rabu (6/1) sebanyak 2.402 kasus. Angka ini merupakan penambahan kasus harin tertinggi di Jakarta hingga kini. Bersamaan dengan rekor penambahan kasus positif harian secara nasional yang mencapai 8.854.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia. “Sebanyak 12.879 orang dites PCR hari ini untuk mendiagnosis kasus baru dengan hasil 2.172 positif. Namun, total penambahan kasus positif sebanyak 2.402 kasus, lantaran terdapat akumulasi data sebanyak 232 kasus dari 1 Laboratorium Swasta 2 hari terakhir yang baru dilaporkan,” kata Dwi melalui keterangannya, Rabu (6/1).

Media Indonesia

DKI Jakarta : Setelah 8 Januari Masuk DKI Tidak Perlu Rapid Test Antigen

HASIL rapid test antigen tidak lagi menjadi syarat perjalanan bagi warga yang hendak keluar dan masuk ke Jakarta dengan menggunakan angkutan umum. Hal itu dibenarkan oleh Kepala Bidang Angkutan Darat Dinas Perhubungan DKI Jakarta Susilo Dewanto. “Sementara demikian,” kata Susilo saat dihubungi Media Indonesia, Kamis (7/1).

BACA JUGA  Pengendalian Diri, Salah Satu Kunci Kesuksesan

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta mengikuti kebijakan pemerintah pusat yang mensyaratkan hasil negatif rapid test antigen sebagai salah satu dokumen wajib bagi penumpang angkutan umum yang melakukan perjalanan keluar kota. Ketentuan ini dimaksudkan agar mengurangi penyebaran covid-19 selama libur Natal dan Tahun Baru. Syarat ini berlaku sejak 18 Desember 2020 sampai 8 Januari 2021.

Media Indonesia

 

Nasional : Presiden Menyampaikan Optimisme Akan Akhir Pandemi

PRESIDEN Joko Widodo berpesan kepada seluruh masyarakat terutama para pelaku usaha mikro dan kecil di Tanah Air untuk terus berjuang dan tidak menyerah meskipun tengah dalam keadaan sulit akibat pandemi covid-19.

“Dalam posisi ini, jangan pernah menyerah. Pertahankan usaha yang ada. Walaupun keuntungan kecil, harus tetap bertahan,” ujar Jokowi saat memberikan bantuan modal kerja kepada para pelaku usaha mikro di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (6/1).

“Pada suatu titik, pandemi pasti akan ada akhirnya dan kita akan kembali ke kehidupan normal,” lanjut Jokowi.

Optimisme itu disampaikan presiden dengan berbekal kesiapan vaksin yang sudah hampir selesai. Diharapkan BPOM bisa menerbitkan emergency use authorization dalam waktu dekat sehingga vaksinasi dapat dilaksanakan pada pekan depan. “Vaksinasi minggu depan dimulai. Nanti yang pertama disuntik itu saya. Saya ingin menunjukkan, memastikan bahwa vaksin itu aman dan halal.”

Media Indonesia

DKI : TPU Rorotan Siap Menampung Jenazah Akhir Januari

PEMBANGUNAN Tempat Pemakaman Umum (TPU) Rorotan, Kecamatan Cilincing, Kota Administrasi Jakarta Utara, direncanakan tahap awal seluas dua hektar dapat diselesaikan dan digunakan pada akhir Januari 2021.

“Dari informasi yang saya dapatkan dari Kabid Pemakaman Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta, target penyiapan lahan yang dua hektar itu rampung akhir Januari 2021,” ujar Lurah Rorotan, Idham Mugabe, di Jakarta, Rabu (6/1).

BACA JUGA  Tengok Imutnya Macan Tutul Gunung Semeru

“Peruntukan TPU Rorotan ini bukan hanya makam untuk jenazah Covid-19, tapi juga untuk pemakaman umum,” lanjut Idham. TPU Rorotan di Jl Rorotan IX RT 03 RW 09 Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, pemakaman Covid-19 sekitar dua hektar.

“Penyediaan area pemakaman umum di wilayah Kelurahan Rorotan ini diterima warga sekitar, karena dapat menjadi solusi dari dua TPU yang ada saat ini yaitu Malaka 4 RW 06 dan Malaka Bulak RW 013 kapasitasnya sudah penuh dan hanya melayani makam tumpang,” jelas Idham.

Media Indonesia

Nasional : Awal Kapal Indonesia Kembali Menjadi Korban Kerja Paksa

Sepanjang Desember 2020, Fishers Center menerima pengaduan sejumlah awak kapal perikanan yang saat ini terjebak di perairan Tiongkok. Mereka adalah awak kapal perikanan yang telah menyelesaikan kontrak kerja tapi kapalnya tidak bisa merapat ke pelabuhan Tiongkok karena pandemi covid-19.

Selain itu, Mereka juga melaporkan sejumlah tindakan tidak manusiawi yang diterima selama bekerja di kapal Tiongkok dan tindakan sejumlah agen Indonesia yang tidak membayarkan gaji mereka.

Koordinator Destructive Fishing Watch (DFW) Indonesia, Moh Abdi Suhufan mengatakan bahwa pihaknya sebagai pengelola Fishers Center Bitung dan Tegal menerima 6 pengaduan awak kapal perikanan yang saat ini terjebak di Tiongkok.

“Mereka terindikasi sebagai korban kerja paksa dan perdagangan orang yang kemudian terjebak di perairan Tiongkok dan belum bisa kembali ke Tanah Air,” kata Abdi dalam keterangannya, Rabu (6/1).

Media Indonesia

Advertisement