Nasional : Update SJ182 dari 18 Kantong Jenazah dan Penemuan Sinyal Blackbox

0
14
(Sumber Gambar : unsplash.com)
Advertisement

Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional telah mengumpulkan 18 kantong jenazah dalam pencarian Pesawat Sriwijaya Air SJ182 rute Jakarta Pontianak. “Kami sudah mendapatkan 18 kantong jenazah dan kita melihat ada kapal baru datang dan mungkin ada penambahan,” kata Kabasarnas Bagus Puruhito, di JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin, 11 Januari 2021.

“Dan 18 kantong jenazah ini sudah kami berikan ke DVI Polri, kemudian yang potongan badan pesawat sudah kita koordinasi kan dengan KNKT yang saat ini sudah ada di tempatnya KNKT,” lanjutnya.

Ia mengatakan saat ini Basarnas juga masih mencari black box. “Jadi informasi yang kami terima dari transmit yang diterima KRI Rigel itu ada dua target yang memancarkan sinyal emergency. Itu berjarak sekitar 150-200 dua objek itu, dan itu diyakini black box,” kata Bagus di JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Ahad, 10 Januari 2021.

“Tadi siang kami sudah mengirim Kapal SAR Basudewa, yang membawa alat alat dari KNKT untuk membantu mencari balck box tersebut,” kata Bagus.

BACA JUGA  Nasional : Nilai Indeks Persepsi Korupsi Indonesia Turun Dari 40 Point menjadi 38 Point

Dua black box itu adalah cockpit voice record (CVR) dan flight data recorder (FDR). Adapun CVR adalah black box yang merekam komunikasi antara pilot, pengawas badara, co pilot dan suara lain di dalam cockpit. Sedangkan FDR merekam data kecepatan arah ketinggian pesawat.

Advertisement