Jurus Jitu Reshuffle 6 Menteri oleh Presiden Jokowi

0
14
Advertisement

Reshuffle seakan menjadi obat mujarab dalam permasalahan ekonomi dan politik. Publik saat ini menilai kelambatan dalam penanganan masalah Covid-19, baik di bidang kesehatan maupun ekonomi. Hal ini bertambah bermasalah lantaran salah seorang menteri Indonesia Maju, Edy Prabowo, tertangkap tangan korupsi bibit lobster pada 25 November 2020. Krisis kepercayaan publik semakin di perburuk dengan terbuktinya Juliari P Batubara melakukan korupsi bantuan sosial Covid-19.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

Berikut daftar perubahan Kabinet Indonesia Maju

  1. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto di gantikan Budi Gunadi Sadikin

Budi Gunadi memiliki rekam jejak sebagai lulusan Fisika Nuklir dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1988, dan memiliki banyak kedudukan dalam dunia keuangan. Namun, sayangnya tidak banyak rekam jejaknya dalam bidang kesehatan.

2. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama di gantikan Sandiaga Uno

Sandiaga Uno memiliki fokus dalam bidang UMKM. Publik mengharapkan Sandi dapat mendorong industri kreatif, sehingga mempercepat restorasi akibat pandemi yang melanda Indonesia.

BACA JUGA  Mahfud MD : Menyarankan Hukum Mati Menteri Korupsi Saat Bencana

3. Menteri Agama Fachrul Razi di gantikan Yaqut Cholil Qoumas

Advertisement

Tidak sepert Fachrul Razi yang berlatar belakang militer, sebaliknya Yaqut Cholil Qoumas memiliki latar belakang pergerakan massa. Yaqut Cholil Qoumas sendiri aktif di organisasi GP Ansor yang berafiliasi dengan Nahdatul Ulama. Hal ini menjadi sebuah isyarat akan harapan Jokowi untuk menekan radikalisasi yang merebak akhir-akhir ini.

4. Menteri Perdagangan Agus Suparmanto di gantikan M Luthfi

M. Lutfi yang cukup berpengalaman dalam urusan luar negeri, maka banyak di harapkan mampu mendorong eksport dan menekan import Indonesia. Pengalamannya sebagai menteri perdagangan di Era Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II di masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, akan menjadi jaminan hal tersebut.

5. Menteri Sosial Tri Rismaharini

Tri Rismaharini selama ini terkenal dengan sikap yang tegas dan pro rakyat. Publik berharap Risma dapat memimpin Kemensos dan menghapus jejak para pendahulunya. Kemensos sendiri sudah memiliki rekor wilayah yang sering di korupsi. Tercatat Bachtiar Chamsyah, Idrus Marham, hingga Juliari P Batubara tertangkap tangan korupsi di kementerian ini.

BACA JUGA  India : Muncul Kasus Flu Burung (H5N8 & H5N1) Di Sembilan Negara Bagian

6. Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono

Beban berat menanti Sakti Wahyu Trenggono, setelah pendahulunya Menteri Susi Pudjiastuti merampungkan masa bakti dengan cukup gemilang. Lalu di susul dengan penerusnya yang gagal dan bahkan terjerat kasus korupsi. Membuat Sakti Wahyu Trenggono mengemban banyak harapan. Yaitu memperbaiki kinerja sehingga sama seperti zaman Susi Pudhiastuti dan mengembalikan kepercayaan publik terhadap Kementrian Kelautan dan Perikanan.

Advertisement