Jokowi Gratiskan Vaksin COVID-19 untuk Seluruh Rakyat Indonesia

0
26
Joko Widodo Gratiskan Vaksin COVID-19
Joko Widodo Gratiskan Vaksin COVID-19 via YouTube Sekretariat Presiden

Jakarta, Reaksi.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya memutuskan untuk memberikan Vaksin COVID-19 secara gratis untuk seluruh rakyat Indonesia. Hal ini disampaikan Presiden dalam keterangan pers melalui Channel YouTube Sekrertariat Presiden, Jakarta, Rabu (16/12/2020). Sebelumnya pemerintah membuat dua skema pemberian vaksin COVID-19 yakni vaksin program dengan sasaran kelompok tertentu yang tidak dipungut biaya dan vaksin mandiri atau berbayar.

Saat ini ada 1,2 juta vaksin Sinovac yang tiba di Indonesia. Dosis berikutnya akan datang menyusul secara bertahap di akhir tahun 2020 dan awal 2021.

“Setelah menerima banyak masukan dari masyarakat, dan setelah melakukan kalkulasi ulang, melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan bahwa Vaksin COVID-19 untuk masyarakat adalah gratis, tidak dikenakan biaya sama sekali,” ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada YouTube Sekrertariat Presiden, Jakarta, Rabu (16/12/2020).

“Untuk itu saya instruksikan dan saya perintahkan kepada seluruh jajaran kabinet, kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah, untuk memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021,” lanjut Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada YouTube Sekrertariat Presiden, Jakarta, Rabu (16/12/2020).

BACA JUGA  Rangkuman Berita Internasional 2 Januari 2021

Bukan hanya menggratiskan vaksin COVID-19, untuk menambah keyakinan masyarakat akan Vaksin COVID-19 tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga akan menjadi penerima pertama Vaksin COVID-19.

“Saya yang akan menjadi penerima pertama, divaksin pertama kali. Hal ini untuk memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada masyarakat bahwa vaksin yang digunakan, aman,” ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada YouTube Sekrertariat Presiden, Jakarta, Rabu (16/12/2020).