Jawa Tengah : Gunung Merapi Teramati Masih Erupsi

0
19
SLEMAN, INDONESIA - 8 JANUARI: Lava pijar dari kawah Gunung Merapi terlihat di wilayah Pakem, Sleman, Jawa Tengah, Indonesia pada 8 Januari 2021. Berdasarkan data Badan Penelitian dan Pengembangan Manajemen Kebencanaan Geologi (BPPTKG), gunung Merapi memuntahkan lava dan awan longsoran panas yang mengarah ke Kali Krasak dengan jarak luncur kurang lebih 800 meter. (Foto oleh Magnus Hendratmo/Anadolu Agency via Getty Images)
Advertisement

GUNUNG Merapi, di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), masih mengalami erupsi. “Teramati guguran lava pijar 30 kali dengan jarak luncur 300-900 meter ke barat daya,” tulis Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melalui akun Twitter resmi, Selasa (19/1).

Aktivitas vulkanik itu berdasarkan pemantauan BPPTKG pada pukul 00.00 hingga 06.00 WIB. Tampak terjadi awan panas guguran Gunung Merapi pada pukul 02.27 WIB.

Awan panas tercatat di seismogram dengan amplitudo 60 mm dan durasi 209 detik. Jarak luncur kurang lebih 1.800 meter ke arah barat daya atau mengarah ke Kali Krasak-Boyong.

“Teramati tinggi kolom 500 meter di atas puncak. (Dengan) angin bertiup ke timur,” bunyi cicitan tersebut.

Gunung Merapi, saat ini, berstatus siaga level tiga. Status ini di keluarkan sejak 5 November 2020. Masyarakat telah di himbau untuk membatasi aktivitas dengan radius tertentu.

Di Kaitkan Dengan Erupsi Semeru dan Gunung Ili

Beberapa netizen menghubungkan Erupsi Merapi di Jawa Tengah, Semeru di Jawa Timur dan Gunung Ili di NTT. Namun hal tersebut di bantah oleh Kepala Sub Divisi Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVBMG), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Devy Kamil Syahbana.

Advertisement
BACA JUGA  Nasional : Terinspirasi Kroasia, Sandiaga Uno Ingin Kembangkan Desa Wisata

“Tapi tak ada kaitannya. Setiap gunung mempunyai dapur magma masing-masing,” kepada ANTARA saat di hubungi dari Lewoleba, Kabupaten Lembata, Jumat 4 Desember 2020.

Sebelumnya dilansir dari Kompas, Gunung Semeru yang terletak di wilayah Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Jawa Timur erupsi pada Sabtu (16/1/2021) pukul 17.24. Saat kejadian, Gunung Semeru mengeluarkan awan panas guguran (APG) sejauh 4,5 kilometer. Menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana dan Geologi ( PVMBG), guguran awan panas (APG) sudah terjadi sejak 1 Januari 2021.

Advertisement