Apakah kamu masuk penerima Vaksin tahap pertama? Yuk cek disini!

0
19
Vaksin Corona COVID-19
Ilustrasi Vaksin Corona COVID-19
Advertisement

Reaksi.ID, Jakarta – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pemerintah berencana segera mendistribusikan vaksin Covid-19 ke 34 provinsi di Indonesia. “Kami harapkan sebelum rakyat Indonesia masuk kerja di bulan Januari Insyaallah vaksin ini sudah bisa kita distribusikan ke 34 provinsi di Indonesia, untuk kita bisa mulai program vaksinasinya bagi para tenaga kesehatan kita,” ujar Menkes, Budi Gunadi Sadikin.

Lalu apakah nama kamu masuk ke dalam daftar Vaksin COVID-19 tahap pertama? Untuk melakukan pengecekan, kamu dapat mengecek pada halaman https://pedulilindungi.id/cek-nik dan kemudian masukan NIK kamu dan juga kode CAPTCHA yang ada, kemudian silahkan klik tombol Selanjutnya.

NIK Vaksin Peduli Lindungi
NIK Vaksin Peduli Lindungi

Jika ternyata nama kamu belum terdaftar dalam penerima Vaksin, maka akan muncul pemberitahuan “Mohon maaf, Anda dengan NIK 3174041109900003 Saat ini BELUM termasuk calon penerima vaksinasi COVID-19 GRATIS pada periode ini”.

Belum Terdaftar Vaksin Peduli Lindungi
Belum Terdaftar Vaksin Peduli Lindungi

Jangan khawatir jika nama dan NIK kamu belum terdaftar pada calon penerima vaksinasi COVID-19 periode pertama ini, karena periode pertama ini akan di prioritaskan untuk orang-orang yang rawan atau mudah terkena COVID-19.

BACA JUGA  Pemerintah Optimis Ekonomi Pulih 2021

Seperti yang dilansir dari PeduliLindungi, “Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 akan dilakukan setelah vaksin COVID-19 mendapatkan izin penggunaan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Pada tahap awal ini, Vaksin COVID-19 akan diberikan kepada seluruh tenaga kesehatan termasuk tenaga penunjang yang ada di fasilitas pelayanan kesehatan. Vaksin COVID-19 tahap awal juga akan diberikan kepada sebagian tenaga pelayanan publik yang rawan terpapar COVID-19.”

Namun kamu yang merupakan seorang NAKES yang belum masuk ke dalam daftar vaksinasi COVID-19 periode ini, silahkan melengkapi data: NAMA, NIK, ALAMAT, NO HP, TIPE NAKES dan dilengkapi dengan SURAT KETERANGAN dari Kepala FASYANKES yang menerangkan Anda adalah NAKES dari FASYANKES terkait. Kemudian data tersebut dapat dikirimkan melalui email ke [email protected].

Advertisement

Apa itu PeduliLindungi?

PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).

Aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan.

BACA JUGA  Lonjakan Covid-19 : Sejumlah RW Masuk Zona Merah

Pengguna aplikasi ini juga akan mendapatkan notifikasi jika berada di keramaian atau berada di zona merah, yaitu area atau kelurahan yang sudah terdata bahwa ada orang yang terinfeksi COVID-19 positif atau ada Pasien Dalam Pengawasan.

Kapan Saya Menerima Vaksinasi COVID-19?

Dalam beberapa hari ke depan, calon penerima Vaksin COVID-19 akan mendapatkan SMS lagi dari PEDULI COVID untuk diarahkan melakukan registrasi ulang secara elektronik melalui:
• Aplikasi PeduliLindungi
• Web https://pedulilindungi.id
• Melakukan panggilan ke *119#

Informasi lebih lanjut mengenai vaksin COVID-19 di Indonesia dapat diakses pada laman https://covid19.go.id/vaksin-covid19

Advertisement