Layanan Sempat Down Selama 45 menit, Ini Penjelasan Google

0
25
Google
Foto oleh Brett Jordan dari Pexels

Reaksi.id – Pada hari Senin tanggal 15 Desember 2020 malam, layanan Google sempat mengalami tidak dapat diakses (server down) selama kurang lebih 45 menit, yakni dari sekitar jam 18:47 WIB sampai dengan 19:32 WIB. Selama waktu tersebut sebagian besar layanan Google tidak dapat diakses, termasuk layanan YouTube, Google Drive, Google Map, Google Play, dan Gmail. Sementara itu layanan Google search masih dapat digunakan seperti biasa, meskipun pengguna tetap tidak bisa masuk ke dalam pengaturan akun Google.

Tweet Google Down
Tweet Google Cloud terkait layanan Google yang tidak dapat diakses 14 Desember 2020

Seperti penjelasan dari Google Cloud Official Twitter di atas, layanan Google tidak dapat diakses karena terjadi internal storage quota issue atau masalah kuota penyimpanan internal, yaitu terjadi masalah pada kuota penyimpanan internal server Google yang menyebabkan pengguna Google yang sudah masuk (login) tidak dapat mengakses layanan Google.

“Masalahnya adalah mengenai sistem otentikasi yang digunakan untuk masuk dan fungsi serupa, dan berlangsung sekitar 45 menit. Pengguna masih dapat mengakses halaman arahan situs web dalam “mode penyamaran”, yang tidak menyimpan log aktivitas browsing pengguna,” kata juru bicara Google, dikutip dari BBC News, Selasa (15/12/2020).

BACA JUGA  RE-PODCAST: #EntrepreneurMuda E04 - Membangun Usaha / Bisnis F&B di Masa Pandemi

Setelah terjadinya pemadaman layanan selama 45 menit tersebut, pada pukul 19:32 WIB akhirnya layanan Google kembali pulih, dan pengguna dapat mengakses kembali layanan Google untuk bekerja maupun untuk belajar, Google pun meminta maaf atas terjadinya pemadaman layanan tersebut.

“Kami mohon maaf kepada semua orang yang terkena dampak, dan kami akan melakukan tinjauan tindak lanjut secara menyeluruh untuk memastikan masalah ini tidak terulang kembali di masa mendatang. Semua layanan sekarang telah dipulihkan,” kata juru bicara Google, dikutip dari BBC News, Selasa (15/12/2020).

Jadi buat kamu yang bertanya-tanya kenapa layanan YouTube tidak dapat diakses pada tanggal 14 Desember 2020 kemarin, inilah alasannya, yaitu karena terjadi masalah kuota penyimpanan internal di Google yang menyebabkan masalah pada pengguna yang telah masuk sebelumnya.