Korea Utara : Parade Militer Dengan Misil Balistik Baru

0
10
Kim Jong-un pada peresmian pekerjaan pembangunan Rumah Sakit Umum Pyongyang pada 17 Maret 2020, Korea Utara. (Foto oleh API/Gamma-Rapho via Getty Images)
Advertisement

Korea Utara menampilkan sebuah rudal balistik yang dapat di luncurkan dari kapal selam  pada parade di ibu kota Pyongyang pada Kamis malam, lapor media negara. Parade ini menandai berakhirnya kongres Partai Buruh yang berkuasa yang berlangsung setiap lima tahun sekali.

Dalam parade ini ada berbagai perangkat militer yang di pertontonkan termasuk tank dan peluncur roket. Analis juga mengidentifikasi varian baru rudal balistik jarak pendek, selain versi peluncuran kapal selam.

Gambar yang di rilis oleh media negara menunjukkan setidaknya empat rudal dengan kerucut hitam-putih. Rudal ini di beri label Pukguksong-5 dan di percaya mampu meluncur dari kapal selam. Hal ini di nilai sebagai peningkatan dari Pukguksong-4 yang diresmikan pada parade militer yang lebih besar pada bulan Oktober.

“Rudal baru pasti terlihat lebih panjang,” Michael Duitsman, seorang peneliti di James Martin Center for Nonproliferation Studies (CNS) yang berbasis di California, mengatakan di Twitter.

Para analis percaya bahwa Korea Utara sedang berusaha mengembangkan kapal selam operasional untuk membawa rudal tersebut.

Advertisement
BACA JUGA  Korea Utara : Kim Jong Un Berniat Meningkatkan Program Nuklirnya

Saat ini Korea Utara berada di bawah sanksi internasional atas senjata nuklirnya. Namun, pada parade itu tidak terlihat Rudal Balistik Antarbenua (ICBM). Padahal Rudal Balistik Antarbenua ini pernah di pamerkan pada Oktober 2020. ICBM Korea Utara di yakini dapat menjangkau dan mengantarkan hulu ledak nuklir ke mana saja di Amerika Serikat.

Advertisement