Korea Utara : Kim Jong Un Berniat Meningkatkan Program Nuklirnya

0
12
Kim Jong-un pada peresmian pekerjaan pembangunan Rumah Sakit Umum Pyongyang pada 17 Maret 2020, Korea Utara. (Foto oleh API/Gamma-Rapho via Getty Images)
Advertisement

Kongres ke-8 Partai Buruh yang berkuasa memberi Kim gelar baru setelah pemungutan suara pada hari Minggu, menurut media Korea Utara. Pengangkatan menjadi sekretaris umum sebagian besar simbolis karena Kim sudah menjadi pejabat tinggi di dalam partai. Langkah itu muncul bertujuan untuk memperkuat otoritasnya di tengah beberapa tantangan ekonomi yang berat.

Pemilihan Kim ke pos baru mencerminkan “kehendak dan keinginan bulat” dari semua anggota partai, warga negara, dan anggota Tentara Rakyat, kata partai itu. “Semua delegasi menyatakan dukungan penuh dengan tepuk tangan badai dalam kegembiraan besar,” kata kantor berita pusat Korea resmi (KCNA).

Dalam pertemuan pertama sejak 2016, Kim juga berjanji untuk membangun senjata nuklir yang lebih canggih. Sebuah pernyataan kongres yang di usung oleh KCNA mengatakan Kim telah “menyadari misi bersejarah untuk menyelesaikan rencana rudal nuklir negara itu.”

Di duga janji-janji itu bertujuan menekan Presiden terpilih Joe Biden untuk melanjutkan diplomasi. Selain itu bertujuan membuat konsesi ke Korea Utara setelah ia menjabat minggu depan. Awal bulan ini, Kim telah berjanji untuk menempatkan kemampuan pertahanan negara pada tingkat yang jauh lebih tinggi.

BACA JUGA  Jepang : Empat Orang Terinfeksi Varian Baru Covid-19
Advertisement