Facebook Digugat oleh A.S. Untuk Membatalkan Akuisisi WhatsApp dan Instagram

0
28
Facebook di HP
Unsplash / @solenfeyissa
Advertisement

Reaksi.id – Facebook Inc. digugat oleh pejabat Antitrust AS dan koalisi negara-negara yang ingin membubarkan perusahaan dengan membatalkan akuisisi Instagram dan WhatsApp, kesepakatan yang menurut pemerintah adalah bagian dari kampanye untuk menghancurkan persaingan secara ilegal.

Komisi Perdagangan Federal dan jaksa agung negara bagian yang dipimpin oleh New York mengatakan mereka mengajukan keluhan Antitrust terhadap Facebook pada Rabu, menuduh tindakan yang menggagalkan persaingan dari saingan untuk melindungi monopolinya. Tuntutan hukum tersebut meminta perintah pengadilan untuk membatalkan akuisisi Facebook atas Instagram dan WhatsApp, menurut salinan keluhan yang diberikan oleh agensi.

Kasus tersebut merupakan serangan regulasi terbesar terhadap Facebook dalam sejarah perusahaan. Mereka mengikuti gugatan bulan Oktober Departemen Kehakiman terhadap Alphabet Inc. Google. Bersama-sama, tindakan Google dan Facebook menandai kasus monopoli paling signifikan yang diajukan di AS sejak Departemen Kehakiman menggugat Microsoft Corp. pada tahun 1998. Tidak seperti kasus Google, pengaduan Facebook meminta perintah pengadilan untuk membubarkan perusahaan tersebut.

Saham Facebok turun 2,4% menjadi $ 276,74 pada pukul 16:09. di New York setelah jatuh lebih dari 4% sebelumnya.

BACA JUGA  Restika Trimayda - Pengalaman Memulai Bisnis Saat Pandemi

“Jejaring sosial pribadi sangat penting bagi kehidupan jutaan orang Amerika,” Ian Conner, Direktur Biro Persaingan FTC, mengatakan dalam sebuah pernyataan. “Tindakan Facebook untuk mempertahankan dan mempertahankan monopolinya menyangkal konsumen mendapatkan keuntungan dari persaingan. Tujuan kami adalah untuk mengembalikan perilaku anti-persaingan Facebook dan memulihkan persaingan sehingga inovasi dan persaingan bebas dapat berkembang. “

Advertisement