Berita Internasional 8 Januari 2021

0
18
TOPSHOT - Passengers wear protective face masks as they arrive from Shenzhen to Hong Kong at Lo Wu MTR station, hours before the closing of the Lo Wu border crossing in Hong Kong, on February 3, 2020, amid an outbreak of a deadly SARS-like virus which began in the Chinese city of Wuhan. - Hong Kong announced it was closing all but two land crossings with the Chinese mainland on February 3 to slow the spread of a deadly new coronavirus as medics staged strikes calling for the border to be completely sealed. (Photo by Anthony WALLACE / AFP) (Photo by ANTHONY WALLACE/AFP via Getty Images)
Advertisement

Jepang : Covid-19 Mendorong Keadaan Darurat Satu Bulan di Tokyo dan Sekitarnya

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga menyatakan pada hari Kamis keadaan darurat satu bulan di Tokyo dan sekitarnya. Ia mendesak penduduk ibu kota untuk menghindari keluar di tengah lonjakan rekor infeksi COVID-19.

Keadaan darurat akan berlangsung dari Jumat hingga 7 Februari dan akan mencakup ibu kota dan tiga prefektur tetangga Kanagawa, Saitama dan Chiba – sebuah wilayah rumah bagi sekitar 30 persen dari populasi negara itu.

“Saya sangat khawatir dengan situasi parah secara nasional baru-baru ini,” kata Suga kepada konferensi berita. “Harap menanggapi masalah ini dengan serius sebagai milik Anda sendiri, untuk melindungi semua kehidupan berharga, kakek-nenek, keluarga, dan teman-teman Anda.”

Deklarasi itu muncul ketika Tokyo mencatat tertinggi harian baru dari 2.447 infeksi COVID-19, angka yang menghancurkan rekor 1.591 kasus yang dilaporkan pada hari Rabu. Secara nasional, rekor baru lebih dari 7.000 kasus dilaporkan pada hari Kamis.

Al-Jazeera

Amerika : Joe Biden Resmi Memenangkan Pemilu Presiden Ditengah Kerusuhan Massa Trump

Setelah kerusuhan dan kekerasan, Kongres telah meresmikan Demokrat, Joe Biden sebagai presiden berikutnya dan Kamala Harrisnya.

Advertisement

“Senat Amerika Serikat tidak akan terintimidasi,” kata pemimpin Partai Republik, Mitch McConnell. McConnell menolak klaim Trump tentang kecurangan pemilu tidak berdasar dan mendorong demonstran pro-Trump yang menyerbu Gedung Parlemen AS.

BACA JUGA  Facebook Digugat oleh A.S. Untuk Membatalkan Akuisisi WhatsApp dan Instagram

“Kami tidak akan tunduk pada pelanggaran hukum atau intimidasi. Kami kembali ke pekerjaan kami. Kami akan melepaskan tugas kami di bawah konstitusi,” kata McConnell.

Proses untuk mensertifikasi Biden baru saja dimulai pada Rabu sore ketika demonstran pro-Trump, melambaikan bendera Trump dan mengenakan topi “Make America Great Again”, menerobos masuk ke gedung Gedung Parlemen AS dan mengerumuni lorong-lorong, memaksa anggota di DPR dan Senat mundur untuk mengamankan lokasi.

Sebelumnya, Trump telah memprovokasi ribuan pendukungnya di Ellipse, sebuah padang berumput besar di luar Gedung Putih. “Jika Anda tidak bertarung, Anda tidak akan memiliki negara lagi,” kata Trump.

Dia mendorong mereka untuk pergi ke Gedung Parlemen, dan mengatakan dia akan bergabung dengan mereka. Trump kembali ke Gedung Putih saat kerumunan orang berkumpul di Capitol.

Akibatnya, waliKota Washington Muriel Bowser memberlakukan jam malam mulai pukul 18.00 (23.00 GMT). Penjabat Menteri Pertahanan Chris Miller memanggil Garda Nasional setelah berkonsultasi dengan Wakil Presiden Mike Pence dan para pemimpin kongres. Partai Republik menyatakan aksi massa dan Demokrat menyalahkan Trump karena menghasutnya.

Al-Jazeera

Perancis : 350.000 bebek Di Musnahkan Menyusul Virus Flu Burung H5N8

Produsen makanan foie gras, Prancis telah menyerukan pemusnahan bebek untuk pencegahan massal flu burung di barat daya negara itu. Virus H5N8 pertama kali terdeteksi pada burung di toko hewan peliharaan di pulau Mediterania Corsica pada bulan November. Hal tersebut sebelum menyebar ke peternakan bebek di daratan pada bulan Desember.

Belanda memusnahkan 190.000 ayam pada Bulan November setelah penemuan virus di dua peternakan.

India telah meningkatkan upaya minggu ini untuk mengandung dua strain flu burung – H5N1 dan H5N8 – setelah kematian ribuan burung, bebek, gagak, dan ayam yang bermigrasi.

Korea Selatan mengatakan pada hari Kamis bahwa sejauh ini telah memusnahkan 14,9m unggas sejak mengidentifikasi kasus flu burung pertamanya yang terkait dengan peternakan, sangat patogen pada akhir November.

The Guardian

China : Lockdown Kota Shijiazhuang Setelah 100 Kasus Covid-19 Terkonfirmasi

China telah menempatkan 11 juta orang di Shijiazhuang di bawah lockdown setelah lebih dari 100 kasus Covid baru dikonfirmasi di sana. Penduduk di larang meninggalkan kota dan sekolah juga telah ditutup.

Provinsi Hebei, tempat Shijiazhuang berada, melaporkan 120 kasus baru pada hari Kamis dan semuanya kecuali salah satu infeksi itu berada di kota itu. Di tempat lain di negara itu, 22 kasus baru dikonfirmasi.

BACA JUGA  Iran : Garda Revolusi Iran Menguji Coba Rudal dan Drone Jarak Jauh

Penduduk di distrik Gaocheng, Shijiazhuang di anggap sebagai episentrum wabah. Mereka sekarang tidak diizinkan meninggalkan daerah setempat. Penduduk lain dilarang meninggalkan kota.

Tiga pejabat di distrik Gaocheng Shijiazhuang telah dihukum karena “kelalaian”, menurut surat kabar China Daily yang dikelola negara.

“Desa-desa harus mengidentifikasi, melaporkan, mengisolasi dan mengobati kasus sedini mungkin, sehingga dapat memutus penularan,” kata Wu Hao, seorang pejabat kesehatan nasional, seperti dikutip.

BBC

Advertisement