Amerika : Garda Nasional Bersiap Penjagaan Menjelang Upacara Sumpah Joe Biden

0
47
Anggota Garda Nasional AS berjalan melewati penjaga warna militer selama latihan gaun latihan untuk upacara pengukuhan ke-59 untuk Presiden terpilih Joe Biden dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris, di Capitol AS pada 18 Januari 2021 di Washington, DC. - Pelantikan Presiden AS dijadwalkan pada 20 Januari 2021. (Foto oleh ANDREW CABALLERO-REYNOLDS / AFP) (Foto oleh ANDREW CABALLERO-REYNOLDS/AFP via Getty Images)
Advertisement

Pihak berwenang negara bagian telah meningkatkan keamanan akhir pekan ini menjelang upacara pengambilan sumpah Joe Biden pada 20 Januari dan karena khawatir atas potensi protes bersenjata pada hari Minggu.

Pihak berwenang berharap untuk menghindari pengulangan kekerasan Capitol Hill yang mematikan oleh pendukung Presiden Donald Trump pada 6 Januari.

Dengan peringatan Federal Bureau of Investigation (FBI) tentang potensi kekerasan di semua Senat Negara Bagian, Gubernur di seluruh negeri telah menyatakan keadaan darurat dan menutup Senat.

Forum online kanan telah menyerukan untuk “Pawai Bersenjata di Semua Senat Negara Bagian” sejak hari Minggu, media AS melaporkan. Bisa jadi target utama protes adalah ibu kota negara itu, di mana Biden di lantik sebagai presiden ke-46 Amerika Serikat pada hari Rabu.

Ribuan pasukan Garda Nasional telah di kerahkan di Washington, dengan pasukan keamanan memblokir jalan-jalan di pusat kota dengan penghalang beton. Pihak berwenang juga telah memperingatkan bahwa ekstremis pro-Trump bersenjata. Bahkan kemungkinan membawa bahan peledak.

Saat ini Washington DC berada di bawah keadaan siaga tinggi menjelang pelantikan Biden. National Mall telah di nyatakan terlarang atas permintaan Secret Service, yang memastikan keamanan presiden. National Mall biasanya merupakan tempat yang ramai di sekitar pelantikan presiden.

Advertisement
BACA JUGA  Layanan Sempat Down Selama 45 menit, Ini Penjelasan Google

Pasukan mulai bergerak ke Washington pada hari Sabtu setelah gubernur negara bagian menyetujui pengiriman Garda Nasional untuk menjaga ibu kota. Lebih dari 25.000 Penjaga bersiaga di kota pada awal pekan depan.

Garda Nasional Bersiap di Seluruh Ibu Kota Negara Bagian

Saat ini pasukan Garda Nasional dan pasukan negara bersenjata berat telah di tempatkan di ibukota negara bagian di seluruh AS. Suzanne Spaulding, mantan sekretaris Departemen Keamanan Dalam Negeri, mengatakan pihak berwenang mengungkapkan langkah-langkah keamanan yang ditingkatkan dapat menjadi pencegah yang efektif.

“Salah satu cara Anda dapat berpotensi mende-eskalasi masalah adalah dengan postur keamanan yang kuat,” kata Spaulding. “Anda mencoba untuk mencegah orang dari mencoba apa pun.”

Advertisement